Pemko Palangka Raya distribusikan 2.227 paket sembako murah

Pemko Palangka Raya distribusikan 2.227 paket sembako murah

Kepala Disperindag Kota Palangka Raya, Ikhwanudin (ANTARA/Rendhik Andika)

Paket sembako murah harga awalnya Rp131.300 per paket namun masyarakat hanya membayar Rp100.000
Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya dalam rangka menyambut Natal 2019 mendistribusikan 2.227 paket sembako murah yang difokuskan di daerah pinggiran di kota setempat.

"Menyambut Natal tahun ini kami mendistribusikan paket sembako di delapan kelurahan. Operasi pasar ini sudah dimulai sejak 11 Desember lalu dan akan terus didistribusikan sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya," kata Kepala Disperindag Kota Palangka Raya, Ikhwanudin di ruang kerjanya, Kamis.

Ikhwanudin menerangkan, delapan kelurahan itu ialah Kelurahan Kereng Bangkirai, Marang, Banturung, Petuk Ketimpun, Kelurahan Kanarakan, Tumbang Tahai, Bereng Bengkel dan Kelurahan Kameloh Baru.

Baca juga: Jelang Natal, Pemkab Biak ajukan operasi pasar minyak tanah

"Dipilihnya delapan kelurahan itu karena sebagian besar warganya beragama Nasrani dan akan segera merayakan Natal. Untuk itu program sembako murah ini kita arahkan ke sana. Sementara kalau saat Lebaran program sembako murah kita arahkan ke masyarakat yang warganya didominasi Muslim," katanya.

Ia mengatakan pada penjualan sembako murah yang digelar menyambut Natal 2019, pihaknya menyiapkan sebanyak 2.227 paket sembako yang di dalamnya terdiri dari lima kilogram beras, dua kilogram gula, dua liter minyak goreng, tepung terigu, susu dan mie instan.

"Paket sembako murah harga awalnya Rp131.300 per paket. Namun masyarakat yang menjadi sasaran hanya perlu membayar Rp100.000 karena pemerintah telah mensubsidi Rp31.300 per paket sembako," katanya.

Dia menerangkan, penentuan sasaran penerima paket sembako itu dikerjasamakan dengan pihak kelurahan setempat yang menentukan calon penerima dengan membagikan kupon. Kemudian menggunakan kupon tersebut, warga membeli paket sembako murah yang telah disiapkan tersebut.

"Jumlah distribusi paket sembako di setiap kelurahan berbeda-beda tergantung jumlah kepala keluarga. Jumlah yang kita siapkan untuk setiap kelurahan berkisar antara 250 hingga 400 paket sembako," katanya.

Salah satu tujuan pelaksanaan pasar murah ini sebagai antisipasi terjadinya kenaikan harga bahan pokok serta membantu masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dalam memenuhi keperluan Natal 2019.

Baca juga: Jelang libur Natal Pemkot Kediri gelar operasi pasar

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kementan gelar operasi pasar bawang putih di Banten

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar