Biak (ANTARA) - Markas Kepolisian Resort Kabupaten Biak Numfor, Papua menyiagakan 100 personil aparat gabungan untuk menjaga pengamanan perayaan hari raya Natal 25 Desember dan tahun baru 1Januari 2020, pada Kamis.

"Operasi lilin Matoa 2019 jajaran Polres mengutamakan pendekatan preventif untuk menjaga Kamtibmas selama perayaan Natal dan tahun baru di wilayah hukum Polres Biak," tegas Kapolres AKBP Mada Indra Laksana seusai gelar pasukan operasi lilin Matoa 2019, Kamis.

Kapolres AKBP Mada menyebut, untuk mencegah ancaman gangguan Kamtibmas selama menyambut Natal dan tahun baru pihak Polres mengedepankan deteksi dini dengan melalui peran intelijen.

Ia mengatakan, tempat yang menjadi pusat pengamanan aparat gabungan TNI-Polri diantaranya rumah ibadah gereja, pusat keramaian pertokoan dan pelabuhan laut yang jumlah penumpang mengalami peningkatan 50 persen.

"Saya mengajak semua elemen masyarakat Biak Numfor untuk ikut menjaga keamanan ketertiban masyarakat selama menyambut hari raya Natal dan tahun baru," imbuh Kapolres AKBP Mada Indra Laksanta

Sekecil apapun ancaman gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Biak, menurut Kapolres AKBP Mada, akan ditangani secara persuasif, preventif dan profesional sesuai peraturan yang berlaku.

Kapolres AKBP Mada berharap, personil yang terlibat dalam pengamanan Natal dan tahun baru pada operasi lilin Matoa 2019 dapat menjalankan tugas dengan baik sehingga terwujud rasa aman,damai dan harmonis perayaan Natal di lingkungan masyarakat.

Baca juga: Polda Sulawesi Selatan siagakan 89 pos pengamanan Natal-Tahun Baru

Sementara itu, Dandim 1708 Letkol Inf Ricardo Siregar mengatakan, prajurit TNI akan membantu Polri' dalam menjaga Kamtibmas selama perayaan Natal dan tahun baru di Kabupaten Biak Numfor.

"Sinergitas antara TNI dan Polri akan menjaga keamanan selama perayaan Natal dan tahun baru," tegasnya.

Pada gelar pasukan operasi lilin Matoa 2019 di Biak juga melibatkan dinas kesehatan, Dinas perhubungan, Basarnas, Satuan Polisi, Senkom serta Pramuka satuan karya Bhayangkara dan komponen warga lainnya berlangsung di lapangan apel Polres Biak, Kamis (19/13).

Baca juga: Polda Kepri amankan 1.905 objek vital selama Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Polresta Banjarmasin tingkatkan keamanan jelang Natal dan Tahun Baru

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019