Jayapura (ANTARA) - Polda Papua saat ini menyiagakan sebanyak 2.025 personil selama operasi Lilin Matoa yang akan berlangsung hingga tanggal 1 Januari 2020.

Gelar pasukan kesiapan personil yang dilibatkan dalam operasi Lilin Matoa ditandai dengan apel gelar pasukan yang juga melibatkan satuan lainnya seperti TNI, SAR dan RAPI.

Kapolda Irjen Pol Paulus Waterpauw yang bertindak sebagai komandan upacara sempat mengecek langsung berbagai peralatan milik Brimob Polda Papua termasuk kendaraan yang berfungsi sebagai dapur umum dan baracuda.

Baca juga: Polda Bali kerahkan 13 ribu personel jelang Natal-Tahun Baru

Selain melakukan pengecekan terhadap peralatan milik brimob, Kapolda Papua juga mengajak seluruh peserta apel untuk mengheningkan cipta guna mendoakan prajurit yang gugur baik di Intan Jaya maupun di Yahukimo.

“Mari kita mengheningkan cipta guna mendoakan anggota baik TNI maupun Polri dalam hal ini Brimob yang gugur dalam melaksanakan tugasnya di Papua,” ajak Irjen Pol Waterpauw.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dalam sambutannya yang dibacakan Kapolda Papua mengatakan, tercatat 61.308 objek di seluruh Indonesia yang menjadi fokus pengamanan seperti gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan dan bandara.

Tercatat 191.807 personil pengamanan dilibatkan termasuk 17.190 anggota TNI dan 55.259 personil dari instansi terkait seperti dinas perhubungan, kesehatan, pramuka, pemadam kebakaran dan lainnya.

Personil-personil itu nantinya ditempatkan di 1.792 pos pengamanan, 745 pos pelayanan, 45 titik pos terpadu, kata Kapolri seraya menambahkan, dari prediksi intelejen terdapat 12 potensi kerawanan yang harus diantisipasi yaitu terorisme, kejahatan konvensional, kemacetan lalu lintas, sweeping ormas, konflik sosial dan bencana alam.

Karena itulah seluruh kasatwil harus dapat bersinergi dengan stakeholder terkait menentukan langkah antisipasi yang proaktif dan menerapkan strategi yang tepat guna mengatasi berbagai potensi gangguan yang ada, disesuaikan karakteristik kerawanan masing masing daerah, kata Kapolri.

Tercatat dua anggota TNI gugur dalam kontak tembak dengan KSB di Intan Jaya, Selasa (17/12) dan seorang anggota Brimob asal Polda Riau yang gugur di Dekai, Rabu (18/12).

Baca juga: Kapolda Maluku: Ancaman terorisme menjadi perhatian Polri dan TNI
Baca juga: Jenazah Brigpol Saut Sibarani dievakuasi ke Pekanbaru

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019