Puncak mudik Natal di Bandara Batam diperkirakan Minggu (22/12)

Puncak mudik Natal di Bandara Batam diperkirakan Minggu (22/12)

Dokumen: Pesawat berada di hanggar di sekitar Bandara Hang Nadim Batam. (Naim)

Puncak mudik diperkirakan 22 Desember 2019
Batam (ANTARA) - Puncak mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Bandara Hang Nadim Batam, Kepulauan Riau, diperkirakan terjadi pada Minggu (22/12).

"Puncak mudik diperkirakan 22 Desember 2019," kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hanng Nadim Batam, Suwarso di Batam, Kamis.

Ia mengatakan hingga kini belum terlalu nampak peningkatan jumlah penumpang di Bandara Hang Nadim Batam. Jumlah penumpang bandara internasional itu masih relatif normal. Bilapun ada peningkatan hanya sekitar 5 persen.

Pihak bandara juga mencatat belum ada penambahan jadwal penerbangan dari dan ke Batam untuk musim mudik Natal dan Tahun Baru 2020.

Baca juga: Pelni kerahkan KM Dorolonda, hadapi lonjakan penumpang Batam-Belawan

Sementara itu, PT Pelni (Persero) mengerahkan KM Dorolonda untuk melayani pelayaran Tanjungpriok -Tanjung Balai Karimun-Batam-Belawan, demi membantu KM Kelud menghadapi lonjakan penumpang saat musim mudik Natal dan Tahun Baru 2020.

Corporate Secretary PT Pelni Yahya Kuncoro menyatakan selain mengerahkan KM Dorolonda, Pelni juga menambah jadwal pelayaran KM Kelud Batam-Belawan saat musim mudik akhir tahun ini.

"Menimbang lonjakan penumpang Batam arah Belawan menjelang Natal, khusus untuk KM Kelud akan dioperasikan tiga kali pulang pergi pada tanggal 19, 21 dan 23 Desember 2019," kata dia.

Baca juga: BP Batam akan lelang sejumlah jabatan di pelabuhan

Dan sesuai dengan izin Kementerian Perhubungan, maka pada musim mudik Natal 2019, Pelni diizinkan menambah kapasitas tempat duduk terpasang di seluruh kapalnya.

Untuk KM Kelud, penumpang yang diangkut dapat mencapai 3.865 penumpang dari kapasitas 2.607 penumpang.

"Selesai masa Angkutan Nataru, PT Pelni akan kembali memberlakukan aturan one man one seat," kata dia.

Baca juga: Pertamina tambah pasokan elpiji bersubsidi di Batam menjelang Natal

 

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ratusan WNI asal Wuhan tiba di Bandara Hang Nadim Batam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar