Sah! PKL Pasar Senen pindah ke Metro Atom Pasar Baru

Sah! PKL Pasar Senen pindah ke Metro Atom Pasar Baru

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi berfoto bersama dengan para pedagang kaki lima eks Pasar Senen di lapak baru mereka Metro Atom Pasar Baru lantai 4, Jakarta Pusat, Kamis (19/12/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)

Kita kunci dulu jumlahnya yang udah ada
Jakarta (ANTARA) - Pedagang kaki lima (PKL) Senen mulai Kamis (19/12) secara sah menempati tempat baru mereka untuk berjualan di Metro Atom Pasar Baru lantai 4, Jakarta Pusat.

Pemindahan para PKL Senen ke Pasar Baru ini disahkan secara simbolis oleh Wakil Wali Kota Jakarta Pusat di lokasi eks biliar yang menjadi tempat para pedagang akan berjualan.

"Pada prinsipnya tidak ada pemerintah yang mau menyusahkan rakyatnya. Relokasi pedagang juga kan untuk penataan kawasan Senen yang mau dibangun underpass. Nanti kalau para pedagang tetap bersih kukuh berjualan di jalanan takutnya tertabrak, nanti yang salah pasti Pemkot juga kan. Jadi ya ini sudah nyaman ya. Insya Allah rejeki ga kemana," kata Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi saat memberikan sambutannya.

Irwandi mengatakan para pedagang sudah secara sah dapat berdagang di Pasar Metro Atom Pasar Baru mulai Kamis ini.

Baca juga: PKL Senen direlokasi ke Pasar Baru pada Kamis

"Jumlahnya ada 68 pedagang ya yang mendaftar. Kita kunci dulu jumlahnya yang udah ada. Kita lihat perkembangannya dulu, nanti kalau ada yang mau daftar ya diperhitungkan lagi, " kata Irwandi.

Kedatangan para pedagang Senen ke Pasar Metro Atom Pasar Baru juga turut disambut hangat oleh pedagang yang sudah ada terlebih dahulu di Pasar Baru.

"Ini kan dulu sepi, sekarang udah ramai. Ada yang baru harusnya makin ramai. Semoga betah," kata Anita salah seorang pedagang pakaian Pasar Metro Atom di lantai 4.

Acara penyambutan pedagang pakaian bekas eks Pasar Senen itu pun diakhiri dengan sesi doorprize dan potong tumpeng serta makan- makan bersama.

Perwakilan Pedagang Pasar Senen berharap agar para konsumennya yang dulu berlangganan kepada mereka saat masih berjualan di Pasar Senen dapat datang dan mengunjungi para pedagang di tempatnya yang baru untuk berjualan.

"Untuk teman- teman, yang biasa taunya kami dagang di Senen. Sekarang biar pada tahu juga kami pindah ke Pasar Baru. Ditempat yang nyaman dan lebih baik," kata Yohana yang saat ini sudah menjadi eks pedagang Senen.

Baca juga: 38 PKL Senen mendaftar untuk relokasi ke Pasar Baru

Sebelumnya, Pemerintah Kota Jakarta Pusat melarang PKL Senen untuk berjualan di fasilitas umum pejakan kaki sejak awal Desember 2019.

Hal ini dilakukan untuk menata daerah Senen yang mengalami pembangunan terowongan (underpass), yang ditargetkan rampung pada 2021 dan menjadi citra baru kawasan Senen aman serta nyaman bagi seluruh warga Ibu Kota.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

602 PKL Cicadas tempati lapak baru

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar