Polisi sita ribuan minuman keras ilegal dari sebuah gudang di Bandung

Polisi sita ribuan minuman keras ilegal dari sebuah gudang di Bandung

Ribuan botol minuman keras ditunjukkan saat ekspos kasus gudang minuman keras ilegal di Polrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis (19/12/2019). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Bandung (ANTARA) - Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polrestabes Bandung menyita sebanyak 2.682 botol minuman keras ilegal dari sebuah gudang penyimpanan di kawasan Cijerah, Kota Bandung.

"Temuan ini diawali dari adanya informasi masyarakat, ada gudang penyimpanan minuman keras di lokasi tersebut," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Kamis.

Baca juga: Bea Cukai Jambi dan polisi sita ribuan botol miras ilegal

Menurut Irman, pemilik gudang tersebut tidak mampu memperlihatkan izin terkait penyimpanan maupun peredaran minuman keras. Kemudian, kata dia, pihak kepolisian pun melakukan penyelidikan tentang informasi gudang minuman keras ilegal itu.

Dalam kasus ini, menurut dia, pihak Satresnarkoba Polrestabes Bandung juga mengamankan satu orang pemilik gudang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga: Polresta Pontianak gagalkan penyelundupan ribuan botol minuman keras

"Dasar hukumnya jelas dari Perda Minuman Keras Kota Bandung lalu barang buktinya kami bawa ke Satresnarkoba untuk diproses lebih lanjut. Begitu pula pengelolanya yang kami mintai keterangan, dari mana barang itu berasal dan akan dikirim ke mana," kata dia.

Ia menduga gudang tersebut merupakan distributor minuman keras untuk dijual ke kafe-kafe yang ada di Bandung. Usaha ilegal tersebut diduga telah berjalan sejak kurang lebih enam bulan lalu.

Baca juga: Petugas gerebek toko minuman keras ilegal di Tambora

Sejauh ini, kata Irman, polisi telah memeriksa seorang tersangka berinisial AB (37). Perbuatan tersangka masuk ke dalam tindak pidana ringan.

"Jeratan hukum tersangka masuk ke dalam tindak pidana ringan," katanya.

Selain itu, Irman mengatakan pengungkapan dan penyitaan ribuan minuman keras tidak berizin tersebut masuk dalam rangka menciptakan situasi kondusif menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Bea Cukai Banten musnahkan miras senilai Rp42,1 miliar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar