Jakarta (ANTARA) - Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengungkapkan alasan mengapa ia "ngebet" untuk merekrut gelandang serang asal Jepang Takumi Minamino dari klub Austria RB Salzburg.

Pelatih asal Jerman tersebut beralasan bahwa Liverpool membutuhkan pemain dengan seperti Minamino karena kecepatan, kecerdasan serta kejeliannya dalam mencari ruang.

Baca juga: Liverpool resmi selesaikan transfer Minamino

Pemain timnas Jepang tersebut sekarang resmi bergabung dengan Liverpool setelah mereka menebus klausul rilisnya yang mencapai 7,25 juta poundsterling (sekitar Rp133 miliar) dari Salzburg.

Gelandang serang memang dilabeli harga cukup murah, tetapi ia dianggap punya pengalaman baik di kompetisi Eropa.

Minamino bergabung ke Salzburg dari klub Jepang Cerezo Osaka lima tahun lalu dan sejak itu ia menjadi pemain reguler klub Austria tersebut.

Baca juga: Liverpool dahului MU dapatkan Minamino

Sejak melakukan debutnya, ia sudah hampir mencatatkan 200 kali penampilan untuk klub di semua kompetisi dan mencetak 63 gol untuk Salzburg.

Berbicara setelah transfer Minamino rampung, Klopp mengungkapkan bahwa kemampuan mengesankan gelandang tersebut dalam kompetisi elite Eropa adalah sebuah pertimbangan besar.

"Takumi adalah pemain yang sangat cepat, sangat pintar, ia bisa menemukan ruang di wilayah lawan," katanya yang dilansir Sky Sports pada Kamis (19/12).

Baca juga: Liverpool dahului MU dapatkan Minamino

“Ia berani dengan bola tetapi juga berani tanpa bola - pemain tim yang bagus. Ia tampil baik untuk kepentingan pemain lain."

"Pengalaman Liga Champions-nya adalah bonus besar dan berasal dari klub dan organisasi, yang kita tahu ia dilatih dengan baik, terbiasa dengan lingkungan elite dan memiliki semua pengalaman yang tepat.“

"Ini adalah pekerjaan yang fantastis oleh tim operasi sepak bola kami tentang cara mereka menangani transfer ini. Michael Edwards dan timnya pantas mendapatkan banyak pujian."

“Saya yakin semua pendukung Liverpool akan berusaha keras untuk membuat Takumi betah di kota dan klub kami yang menakjubkan.“

"Saya juga cukup yakin sampai sekarang kami telah menambah jumlah keluarga LFC kami khususnya di Jepang."

"Bagi mereka yang mendukung kami sekarang karena kami memiliki salah satu talenta paling menarik di negara ini, saya ucapkan selamat datang."(sumber Sky Sports)

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019