Menteri LHK sebut Manggala Agni patriot Indonesia

Menteri LHK sebut Manggala Agni patriot Indonesia

Personel Manggala Aqni melakukan pemadaman karhutla gambut di lahan masyarakat di Kecamatan Lalolae, Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara, Selasa (3/12/2019). Memasuki hari ke 9 karhutla gambut telah mendekati perkebunan dan pemukiman warga di Kabupaten Kolaka Timur membuat pihak Manggala Aqni Daerah Operasi Sulawesi Tenggara dengan keterbatasan personelnya lebih memfokuskan pemadaman disekitar lokasi tersebut, sementara pihak Manggala Aqni mencatat sejak bulan Oktober 2019 sampai saat ini sekitar 1000 hektare lahan masyarakat, kawasan HPT serta perkebunan sawit yang terbakar. ANTARA FOTO/ManggalaAqni/Jojon/hp. (ANTARA FOTO/JOJON)

nasib kepegawaian Manggala Agni yang PNS bisa dihitung pakai jari,
Jakarta (ANTARA) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebut Manggala Agni sebagai patriot Indonesia dan meminta status kepegawaiannya diperjuangkan.

“Saya tahu pengorbanan Manggala Agni. Nasib kepegawaian Manggala Agni yang PNS bisa dihitung pakai jari,” kata Siti dalam Koordinasi Strategi Pengendalian Karhutla tingkat Daops 2020 di Jakarta, Kamis.

Sekjen, menurut dia, sedang memformulasikan dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) bahwa Manggala Agni merupakan jabatan fungsional, sama dengan Polhut.

“Sekjen saya minta Januari ada berita pasti,” kata Siti meminta status kepegawaian Manggala Agni sudah jelas pada Januari 2020.

Baca juga: Cegah karhutla 2020, 1.200 desa jadi sasaran Patroli Terpadu KLHK
Baca juga: Komisi IV DPR: Manggala Agni pahlawan pemadam karhutla


Sebelumnya ia menyebut Manggala Agni sebagai patriot Indonesia karena berjuang mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). "Semua menghadapi banyak hal termasuk menjaga reputasi dan harga diri bangsa," katanya.

Karenanya, menurut dia, Manggala Agni pantas disebut sebagai patriot Indonesia yang cinta pada bangsa dan negara lebih dari dirinya sendiri. Rela berkorban bekerja keras menjaga kehormatan negara dan keharuman nama bangsa.

Bukan sebaliknya menjatuhkan nama bangsa, mengarang data dan informasi untuk menjatuhkan bangsa, ujar dia.

Baca juga: Gubernur Jambi turut berduka atas meninggalnya anggota Satgas Karhutla
Baca juga: Meski tekanan darah tinggi, Manggala Agni bertahan padamkan karhutla


Direktur Pengendalian Karhutla Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Raffles B Panjaitan mengatakan total ada 1.875 Manggala Agni di seluruh Indonesia.

Hari ini 68 orang perwakilan Manggala Agni dari 34 Daops diundang untuk diberikan apresiasi atas usahanya memadamkan karhutla 2019 yang berdampak pada 942.485 hektare (ha) hutan dan lahan.

Raffles mengatakan setidaknya minimal setahun sekali akan ada apresiasi pada mereka sebagai pemberi semangat sekaligus bentuk penyegaran.

Baca juga: Manggala Agni siaga antisipasi karhutla di kawasan Danau Sentarum
Baca juga: Manggala Agni Labuhanbatu petakan daerah rawan karhutla
Baca juga: Manggala Agni berjuang padamkan kebakaran lahan gambut di Kampar


Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar