Concourse diharapkan bisa lebih luas supaya Candi Borobudur ini bisa terlihat kemegahannya dari jarak yang cukup
Magelang (ANTARA) - Concourse Candi Borobudur akan dilebarkan agar kemegahan Candi Borobudur terlihat dari kejauhan kata Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko Edy Setijono.

"Concourse diharapkan bisa lebih luas supaya Candi Borobudur ini bisa terlihat kemegahannya dari jarak yang cukup," katanya usai mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusbandio mengunjungi Candi Borobudur, Kamis.

Concourse adalah area terbuka yang merupakan jalan utama dari pintu utama ke halaman Candi Borobudur di sisi timur. Concourse di Candi Borobudur berupa jalan dari susunan batu andesit dengan taman di tengahnya sebagai pembatas jalan.

Edy menyampaikan oleh karena itu salah satu yang menjadi prioritas dalam waktu dekat yang akan dilakukan adalah penataan kembali concourse tersebut.

"Akan kita perlebar sisi kanan dan kirinya sehingga concourse itu menjadi area pandang yang sangat bagus ke arah Candi Borobudur," katanya.

Ia menuturkan concourse itu akan lebih banyak mendapat perhatian agar nantinya benar-benar menjadi spot untuk melihat kemegahan Borobudur.

Ia menyebutkan concourse yang ada saat ini dengan lebar 15 meter, nanti akan dilebarkan menjadi 21-22 meter supaya orang jalan dari jauh itu sudah bisa melihat kemegahan Candi Borobudur.

Ia menyebutkan concourse itu nanti sampai pagar sisi timur, rencana pada Januari 2020 akan mulai dikerjakan.

"Mungkin kita lebarkan menjadi 21-22 meter sehingga akan ada areal yang cukup lapang untuk melihat Candi Borobudur secara utuh, kita buat sebagus mungkin untuk mendatangkan wisatawan," katanya.

Baca juga: Putri Mahkota Denmark apresiasi kelestarian Candi Borobudur

Baca juga: Pameran internasional, upaya promosikan Candi Borobudur

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019