Jakarta (ANTARA) - Film bergenre horor selalu memiliki peminat, terbukti sepanjang tahun ini ada lebih dari 10 film horor yang hadir di bioskop Indonesia dan setidaknya tujuh film yang ramai dibicarakan.

Menampilkan hantu yang menakutkan, adegan mencekam, jalan cerita menarik atau deretan nama pemain hebat yang terlibat, menjadi daya tarik tersendiri dari film horor yang ditayangkan

Berikut ini adalah tujuh film Indonesia bergenre horor yang paling banyak dibicarakan sepanjang tahun 2019, dihimpun dari berbagai sumber.


1. "Danur 3: Sunyaruri"

Poster film "Danur 3: Sunyaruri" yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina (ANTARA News/Ho - tangkapan Instagram)
​​​
Setelah sukses dengan film pertama dan kedua, serial ketiga dari "Danur" ini ternyata masih memiliki banyak peminat. Terbukti jumlah penonton yang didapat dari film ini mencapai 2.411.036 penonton dan masuk dalam tiga besar box office Indonesia tahun 2019. "Danur 3: Sunyaruri" masih dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan disutradarai oleh Awi Suryadi yang juga menyutradari "Danur 1 & 2".


2. "Perempuan Tanah Jahanam"

Poster film "Perempuan Tanah Jahanam" yang dibintangi oleh Tara Basro, Marissa Anita, Asmara Abigail dan Christine Hakim (ANTARA News/Ho - tangkapan Instagram)
Film arahan Joko Anwar ini bisa dibilang sebagai film horor yang paling ditunggu sepanjang 2019. Tak hanya mengandalkan hantu, Joko justru lebih banyak menampilkan adegan-adegan pembunuhan yang membuat merinding.

"Perempuan Tanah Jahanam" mendapat 1.795.068 penonton. Film ini juga dibintangi oleh deretan aktor dan aktris papan atas seperti Tara Basro, Ario Bayu, Christine Hakim, Marissa Anita, hingga Asmara Abigail.

3. "Kuntilanak 2"

Salah satu adegan dalam film "Kuntilanak 2" yang dibintangi oleh Susan Sameh (ANTARA News/Ho - tangkapan Instagram)
Tayang di hari Lebaran bukan berarti film ini sepi penonton, justru sebaliknya. Film arahan Rizal Mantovani itu meraih 1.725.570 penonton dan masuk dalam jajaran box office Indonesia.

"Kuntilanak 2" dibintangi oleh Sandrinna Michelle Skornicki, Karina Suwandi, Maxime Bouttier, Andryan Bima, Ali Fikry, Adlu Fahrezy, Ciara Nadine Brosnan dan Susan Sameh.


4. "Ghost Writer"

Poster film "Ghost Writer" yang dibintangi oleh Ge Pamungkas (ANTARA News/Ho - tangkapan Instagram)
Film bergenre horor ternyata tidak harus seram, pelawak tunggal Bene Dion berhasil membuktinya dengan "Ghost Writer". Bene membuat sosok hantu yang diperankan oleh Ge Pamungkas itu bisa diterima tanpa harus menutup mata, malah bisa sambil tertawa.

Film yang melibatkan Tatjana Saphira, Deva Mahendra, Ernest Prakarsa, Slamet Rahardjo, Endy Erfian dan Asmara Abigail ini berhasil meraih 1.116.676 penonton.

5. "Ratu Ilmu Hitam"

Poster film "Ratu Ilmu Hitam" (ANTARA News/Ho - tangkapan Instagram)
Film yang tayang pada 7 November ini, mendapat 915.227 penonton. "Ratu Ilmu Hitam" disutradarai oleh Kimo Stamboel, sedangkan skenarionya ditulis oleh Joko Anwar.

Deretan aktor dan aktris yang terlibat pun memiliki nama yang bagus di dunia film seperti Ario Bayu, Zara eks JKT48, Hannah Al Rashid, Ari Irham, Ade Firman Hakim, Miller Khan, Tanta Ginting, Putri Ayudya, Sheila Dara dan masih banyak lainnya.

6. "DreadOut"

Poster film "DreadOut" yang dibintangin oleh Jefri Nichol (ANTARA News/Ho - tangkapan Instagram) up
Diadaptasi dari permainan video game dengan judul yang sama, film ini mampu mengantongi 831.100 penonton. "DreadOut" disutradarai oleh Kimo Stamboel dan tidak hanya menyajikan hantu-hantu yang bergentayangan tapi juga petualangan yang menegangkan.

Film "DreadOut" dibintangi oleh Jefri Nichol, Ciccio Manassero, Caitlin Halderman, Susan Sameh dan Marsha Aruan.

7. "Makmum"

Poster film "Makmum" (ANTARA News/Ho - tangkapan Instagram)
Film ini diangkat dari film pendek karya Riza Pahlevi dengan judul yang sama dan meraih berbagai penghargaan. "Makmum" mendapat 813.400 penonton karena ceritanya dianggap dekat dengan kejadian sehari-hari.

Film yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu ini dibintangi oleh Titi Kamal, Ali Syakieb, Tissa Biani, Adila Fitri, Bianca Hello dan Jajang C Noer. "Makmum" juga menjadi film horor pertama dari Titi Kamal.



Baca juga: Daftar lengkap pemenang Piala Citra FFI 2019

Baca juga: Ini daftar film-film Marvel fase 4 setelah "Avengers: Endgame"

Baca juga: Daftar film Indonesia yang tayang bulan ini

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019