kegiatan "Pelindo 1 Goes to Campus" yang ingin menyampaikan pesan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik demi kelestarian lingkungan kami sambut baik
Medan (ANTARA) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan PT Pelabuhan Indonesia 1 (Pelindo 1) melakukan deklarasi pengurangan penggunaan bahan-bahan dari plastik.

Dekan FISIP UMSU Dr Arifin Saleh Siregar di Medan, Jumat, mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan "Pelindo 1 Goes to Campus" yang ingin menyampaikan pesan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik demi kelestarian lingkungan.

"Kegiatan ini diharapkan bisa memotivasi, memacu kreativitas dan inovasi mahasiswa seiring dengan tuntutan perkembangan zaman," katanya.

Deklarasi tersebut sebelumnya dilaksanakan dalam acara "Pelindo 1 Goes to Campus" dengan tema "It Starts with You" di aula Kampus Pascasarjana UMSU, Jalan Denai, Medan.

Deklarasi yang melibatkan ratusan mahasiswa tersebut dilakukan dengan penandatanganan spanduk sebagai komitmen bersama untuk lebih peduli lingkungan dengan mengurangi penggunaan sampah plastik.

Kegiatan yang dibuka Dekan FISIP UMSU Arifin Saleh Siregar itu juga menghadirkan tiga pembicara yakni VP Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami, fotografer senior Ferdy Siregar,dan wirausahawan  Yudha Pohan.

Arifin mengatakan, kegiatan yang sangat positif ini harus dimulai dari diri sendiri, kemudian bergerak ke keluarga, ke teman-teman dan selanjutnya ke lingkungan.

"Karena kita orang-orang komunikasi, orang-orang FISIP, maka kita harus orang pertama yang memulai mengampanyekan pengurangan pengggunaan sampah plastik. Ini demi kelestarian lingkungan dan untuk masa depan anak cucu kita," katanya.

Sementara VP Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami mengatakan "Pelindo 1 Goes to Campus" menjadi agenda rutin yang menjadi program komunikasi eksternal Pelindo 1 sebagai upaya untuk mengedukasi serta menumbuhkan kecintaan generasi muda kepada dunia kepelabuhanan dan maritim.

Selain itu, "Pelindo 1 Goes to Campus" juga  mengajak mahasiswa untuk lebih peduli dengan lingkungan.

Dengan mengangkat tema "It Starts with You", pihaknya berharap para mahasiswa melakukan hal-hal positif dari diri sendiri.
Seperti yang mereka lakukan dengan membagikan "tumbler" dan snack yang dibungkus dengan daun, dengan harapan mahasiswa akan menerapkan hal tersebut dalam kesehariannya.

Fiona melanjutkan, pihaknya sengaja mendatangkan narasumber yang sesuai kompetensinya karena Pelindo 1 terus erupaya memfasilitasi mahasiswa untuk bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari para pembicara dalam menjalankan profesinya sebagai bekal mahasiswa untuk terjun di dunia kerja.

Mahasiswa juga bisa belajar berwirausaha seperti yang dilakoni para pembicara yang mampu mengoptimalkan lingkungan sehingga mampu mendorong perekonomian masyarakat di sekitar.

“Dengan kampanye 'It Starts with You' yang sederhana ini diharapkan dapat menjadi 'self reminder' untuk lebih peduli lingkungan dengan memulai melakukan perubahan kecil yang bisa kita lakukan dari diri kita sendiri untuk memberikan dampak positif yang lebih besar," katanya.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Sumut lepas mahasiswa ikuti magang bersertifikat BUMN

Baca juga: Pengusaha Swedia tertarik investasi di pengolahan sampah Sumut

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Sumut sabet "BI Corner" terbaik se-Indonesia


Baca juga: Warga Serdang Bedagai-Sumut diajak jaga kelestarian ekosistem sungai
 

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019