Kami juga mendirikan pos pantau di sejumlah titik di Bangkalan
Bangkalan (ANTARA) - Aparat Polres Bangkalan, Jawa Timur memfokuskan pengamanan pada 22 tempat ibadah umat Kristiani yang akan melakukan Misa Natal tahun ini.

"Pengamanan di 22 Gereja di Bangkalan ini mulai 23 Desember 2019 dengan melibatkan personel gabungan, termasuk TNI," kata Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra di Bangkalan, Jumat.

Gereja merupakan satu dari 12 potensi kerawanan yang ada di Bangkalan. Menurut Kapolres, total jumlah personel yang akan diterjunkan untuk mengamankan Natal dan pergantian malam tahun baru itu sebanyak 530 personel.

Baca juga: Polisi catat 12 potensi kerawanan selama Natal dan Tahun Baru

Jumlah ini, merupakan gabungan dari unsur polisi, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Dinas Perhubungan (Dishub), Pramuka, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Orari.

Selain gereja, fokus pengamanan petugas dengan sandi operasi Lilin Semeru 2019 ini juga pada pusat-pusat perbelanjaan, dan arus lalu lintas.

"Kami juga mendirikan pos pantau di sejumlah titik di Bangkalan, antara lain di akses jembatan Suramadu dan di dermaga Kamal, Bangkalan," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Operasi Lilin Semeru 2019 ini mulai 23 Desember 2019 dan akan berlangsung hingga 1 Januari 2020.

Baca juga: Mendag dan Gubernur Jabar pastikan stok sembako aman jelang Natal

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019