Telkomsel tambah 67 BTS 4G di Tol Japek untuk Natal dan Tahun Baru

Telkomsel tambah 67 BTS 4G di Tol Japek untuk Natal dan Tahun Baru

VP Network Operation Quality Management Telkomsel Jabodetabek Jabar, Awal R Chalik, saat tes jaringan di Karawang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Karawang, Jawa Barat (ANTARA) - Telkomsel melakukan serangkaian upaya peningkatan kapasitas base transceiver station (BTS) di sepanjang jalur tol layang Jakarta-Cikampek (Japek) dengan penambahan 67 BTS 4G untuk menjamin kelancaran layanan telekomunikasi pelanggan saat Natal dan Tahun Baru.

"Japek selesai pas NARU (Natal dan Tahun Baru), jadi kita langsung buat ultimate solusinya. Japek kita tambahkan 67 BTS 4G LTE, LTE sisanya kita upgrde kapasitasnya," ujar VP Network Operation Quality Management Telkomsel Jabodetabek Jabar, Awal R Chalik, saat tes jaringan di Karawang, Jawa Barat, Jumat.

"BTS existing ada 104, dan kita LTE kan semua. Jadi total 171 BTS," sambung dia.

Selain itu, untuk menjamin jaringan yang baik, Telkomsel juga melakukan penambahan kapasitas di 99 BTS 4G LTE.

Secara teknis, menurut Awal, penyediaan jaringan di tol Japek, memiliki tingkat tantangan yang sangat tinggi, sebab posisinya yang cukup tinggi seperti gedung 6 lantai. Konsekuensinya, pengguna akan mendapatkan coverage dari BTS yang jauh.

"Jadi, secara umum kita melakukan optimalisasi site site yang ada di surrounding jalur tol elevated. Meskipun ada juga beberapa titik yang kita tambahan kapasitas maupun arahnya," kata Awal.

"Kalau dulu belum ada, kita cuma tol di bawah, dengan adanya tol elevated berarti seperti gedung bertingkat saja, jadi kita tambahkan yang dulu hanya (antena) melihat ke bawah, sekarang ada yang melihat ke atas," lanjut dia.

Tim teknis Telkomsel dengan menggunakan aplikasi Speedtest mencatat kecepatan donwload sekitar 50mbps, sementara kecepatan upload berkisar 16mbps.

Dari pantauan Antara saat berada di atas tol layang Japek, sinyal yang didapat terbilang cukup baik untuk penggunaan browsing, streaming musik maupun video.

Antara juga melakukan tes kecepatan jaringan menggunakan aplikasi Speedtest, kecepatan download 3,08mbps, sementara kecepatan upload 6,80mbps. Antara kembali menjajal kecepatan jaringan menggunakan Speedtest, dan didapat kecepatan download mencapai 6,53mbps, sementara kecepatan upload mencapai 17,09mbps.

 
Hasil tangkap layar aplikasi Speedtest untuk menguji kecepatan jaringan Telkomsel di atas tol layang Jakarta-Cikampek, Jumat (20/12/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)



Selain tol Japek, Telkomsel telah memaksimalkan kapasitas jaringan di 16 ruas tol utama di Sumatera dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru, di mana sudah dilayani lebih dari 2.200 BTS Telkomsel.

"Selain kita support saat perayaan Natal, yang paling banyak adalah liburan panjangnya, jadi liburan sebelum tahun baru dan setelah tahun baru, meskipun puncaknya di perayaan tahun baru," ujar Awal.

Sinyal Telkomsel sudah melingkupi jalur utama tol Trans Sumatera dan tol Trans Jawa.



Baca juga: Telkomsel bangun 681 BTS di jalur utama Tol Trans-Sumatera

Baca juga: Kominfo akan bangun 3.447 BTS demi Smart City

Baca juga: Kominfo - XL Axiata resmikan jaringan BTS di daerah tertinggal

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Napi teroris jaringan Santoso bebas dari Lapas Ngawi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar