Xi: China takkan biarkan kekuatan asing intervensi Hong Kong, Macau

Xi: China takkan biarkan kekuatan asing intervensi Hong Kong, Macau

Presiden China Xi Jinping dan Kepala Eksekutif Macau yang habis masa jabatannya, Fernando Chui, tiba untuk menyaksikan pertunjukan budaya di Macau, China, Kamis (19/12/2019), pada malam peringatan 20 tahun bekas koloni Portugis tersebut kembali ke China. ANTARA/REUTERS/JASON LEE/tm

Makau (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping, Jumat, menyatakan bahwa ia tidak akan membiarkan kekuatan asing mengintervensi wilayah khusus negaranya, Hong Kong dan Macau.

Peringatan itu ia nyatakan ketika mengambil sumpah pemerintahan baru Macau yang pro-Beijing.

Dalam upacara peringatan 20 tahun pengembalian Macau kepada China, Xi memuji bekas koloni Portugis itu atas patriotisme dan kesetiaannya, namun tidak secara langsung merujuk pada aksi demonstrasi enam bulan di Hong Kong, koata bekas koloni Inggris. 

“Saya tekankan, sejak Hong Kong dan Macau kembali ke tanah air, segala hal terkait dua wilayah administrasi khusus ini seluruhnya merupakan urusan internal China dan bukan urusan kekuatan asing,” kata Xi.

Dia menegaskan, “Kami tak akan membiarkan kekuatan luar mana pun untuk ikut campur.”

Baca juga: Pemimpin China Xi kunjungi pusat perjudian Makau

Macau, kota pusat perjudian, kembali ke tangan China pada 20 Desember 1999 dengan rumusan “satu negara, dua sistem” dengan bertujuan menjamin otonomi daerah tingkat tinggi, yang juga menjadi dasar bagi pemerintahan Hong Kong.  
 
Sementara para pengunjuk rasa di Hong Kong merasa marah dengan apa yang mereka lihat sebagai pengikisan kebebasan oleh pemerintah pusat, sikap Macau terhadap Beijing sedikit berbeda.

Pemerintah China sendiri membantah telah merusak otonomi Hong Kong dan berulang kali menyalahkan sejumlah pemerintah asing, termasuk Amerika Serikat dan Inggris, karena mengacaukan keadaan di pusat keuangan Asia tersebut.

Baca juga: China tunjuk pejabat baru Makau gantikan kepala ekonomi

Mengenakan setelan jas hitam dilengkapi dari merah tua, Xi melantik dan mengambil sumpah pimpinan eksekutif Macau yang baru, Ho Iat-seng, beserta jajarannya, yang akan memerintah beberapa pulau untuk lima tahun mendatang.

Ho dipilih oleh komisi pemilihan propusat dalam proses yang serupa dengan pemilihan Carrie Lam di Hong Kong.

Xi mendorong keragaman kegiatan ekonomi di Macau, yang saat ini bergantung pada industri perjudian kasino, serta meminta wilayah itu untuk memanfaatkan kesempatan dari zona investasi kawasan (Greater Bay Area).

Tidak ketinggalan, Xi juga menekankan integrasi lebih lanjut Macau dengan China daratan, meskipun dia tidak menyebutkan langkah-langkah spesifik.

Sumber: Reuters

Baca juga: Dewan Negara China serukan integrasi Shenzhen, Hong Kong dan Makau

Baca juga: Perwakilan tertinggi China di Makau tewas sesudah jatuh dari rusunnya


 

Pertama kali Indonesia pamerkan kuliner dan budaya di Makau

 

Penerjemah: Suwanti
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar