Surabaya (ANTARA) - Puluhan anggota DPRD DKI Jakarta menginginkan pembangunan di Jakarta bisa sesukses Kota Surabaya, Jawa Timur, usai melakukan pertemuan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di ruang kerjanya, Jumat.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono, mengatakan, kedatangan timnya ke Surabaya ini untuk menimba ilmu kepada Risma di segala bidang, mulai penataan kota, manajemen banjir, hingga kerukunan umat beragama.

"Jakarta duitnya gede, tapi penyelesaian masalahnya kok saya tidak mengerti. Tiap hari ini saya kirim saran dan komplain ke Pak Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta). Semoga setelah saya balik ke Jakarta, Pak Anies langsung fokus meniru Bu Risma agar semua masalah di Jakarta cepat beres," ujarnya.

Gembong mengatakan, karakter Jakarta dan Surabaya secara geografis maupun sosiologis kurang-lebih sama. Jakarta dan Surabaya sama-sama daerah di pesisir. Kedua daerah itu juga sama-sama multikultur dan multietnis.

Setelah mendapat ilmu dari Risma, para wakil rakyat itu akan menyampaikan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "Tidak ada salahnya belajar kebaikan, berlomba-lomba dalam kebaikan. Kami ingin pembangunan di Jakarta bisa sesukses di Surabaya," ujarnya.

"Misalnya soal penataan sungai biar bersih, bagaimana manajemen banjir, bagaimana ruang terbuka hijau, pokoknya kita belajar ke Bu Risma," kata Gembong.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan berbagai inovasi yang dijalankan Pemkot Surabaya seperti halnya penanganan permasalahan darurat warga hingga program membantu warga miskin yang sakit melalui tiga skema sinergi dengan BPJS Kesehatan.

Baca juga: Tampilan Jembatan Pemuda depan Monkasel Surabaya dipercantik

Baca juga: Anies sebut tak pernah marah di depan publik, PDIP: Tak etis

Baca juga: Fraksi PDIP akan pertemukan seniman TIM dengan Disparbud DKI

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019