Anies pastikan pasokan bahan pangan aman

Anies pastikan pasokan bahan pangan aman

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau bahan kebutuhan pokok di Gudang PT Food Station Tjipinang Jaya, Jakarta, Jumat (20/12/2019). (ANTARA/HO/Humas Pemprov DKI Jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 
memastikan pasokan dan stok bahan pangan untuk masyarakat ibu kota pada akhir 2019 aman.

Anies bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DKI Jakarta men​​​​​​injau gudang PT Food Station Tjipinang Jaya, Jumat, guna memastikan pasokan kebutuhan strategis untuk Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Anies mengkonfirmasi bahwa meskipun kebutuhan pangan mengalami kenaikan rata-rata tiap tahun sekitar 5 persen, pasokan kebutuhan aman, harga terjangkau dan inflasi akan terkendali untuk akhir tahun, sesuai target inflasi nasional sebesar 3,5 persen ± 1 persen.

"Tujuan kami ke sini adalah untuk melihat langsung apa yang sudah dipaparkan di dalam rapat TPID pekan lalu. Bahwa kami di TPID telah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk persiapan musim liburan akhir tahun dan menghadapi tahun baru 2020," kata Anies.

Baca juga: Kenaikan harga bahan pokok di DKI dinilai masih wajar


Anies memastikan stok komoditas strategis, seperti beras, gula, daging sapi, daging ayam, telur ayam, minyak goreng, bawang merah, cabai merah dan bawang putih dalam kondisi aman.

"Sehingga masyarakat tidak perlu merasa khawatir atas fluktuasi harga karena pasokan tersedia dengan cukup," tutur Anies.

Anies mengapresiasi koordinasi yang baik antara BUMD dengan semua instansi, serta dukungan dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kemenko Perekonomian, Bulog dan Kepolisian sehingga membuat pasokan di Jakarta aman dengan harga stabil.

"Jadi kita ada istilahnya yaitu 4K, yaitu Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi, dan Komunikasi yang efektif. Empat itu dijalankan, Alhamdulillah situasinya terkendali seperti sekarang," kata Anies.
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemprov DKI siapkan sistem integrasi pembayaran transportasi massal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar