Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan sistem satu arah atau one way di Tol Trans Jawa akan diberlakukan pada Sabtu (21/12). Sistem one way diterapkan mulai dari kilometer 70 Cikampek Utama, Jawa Barat hingga kilometer 414 Kalikangkung, Jawa Tengah sejak pukul 07.00 hingga pukul 18.00 WIB.

"Hanya besok pagi jam 7 hingga jam 18. Itu (one way) pasti kami berlakukan (selama) 11 jam," kata Istiono di Gedung NTMC, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kakorlantas imbau pemudik penuhi BBM sebelum masuk Tol Trans Sumatera

One way tujuannya untuk mengantisipasi naiknya jumlah kendaraan para pemudik yang bergerak dari arah Jakarta menuju kampung halamannya untuk berlibur.

Pihaknya mempersilakan para pemudik yang akan melintasi Tol Trans Jawa untuk memanfaatkan penerapan sistem one way tersebut.

Istiono mengimbau pemudik agar tidak tergesa-gesa untuk mudik ke kampung halaman.

"Baiknya besok pagi start (mudik). Tidak usah buru-buru, santai saja. (Hari) Minggu masih bisa melaksanakan ibadah," katanya.

Baca juga: Polri batasi panjang antrean kendaraan minimalkan macet libur Natal

Pihaknya juga mewaspadai adanya titik kepadatan pada kilometer 48 Tol Japek yang merupakan pertemuan arus antara jalan Tol Jakarta Cikampek jalur bawah dan elevated.

"Itu kilometer 48 ada bottleneck jalur bawah," katanya.

Sebanyak 191 ribu personel gabungan TNI-Polri serta satuan lainnya akan dikerahkan dalam Operasi Kepolisian terpusat dengan sandi operasi "LILIN-2019" di seluruh wilayah Indonesia.

Operasi ini akan dilaksanakan selama 10 hari sejak 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020.

Ada 61.308 obyek keamanan yang akan dijaga diantaranya gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, lokasi perayaan tahun baru, terminal, stasiun kereta, bandar udara dan lainnya.

Baca juga: Korlantas Polri siapkan strategi penanganan arus mudik tahun baru

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019