Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar sejumlah acara untuk menyambut Tahun Baru 2020 antara lain pernikahan massal.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah di Balai Kota Jakarta, Jumat, mengatakan, nikah massal tersebut dilangsungkan di Balai Kota pada Selasa (31/12) mulai pukul 17.00 WIB yang diawali berbagai hiburan.

Jika tahun sebelumnya acara nikah massal diadakan di Lapangan Parkir Thamrin 10, namun tahun ini acara tersebut diselenggarakan di Halaman Balai Kota Jakarta.

"Acara nikah massal dibuka dengan pertunjukan Marawis, Band Akustik dan Rebana Hadroh pada pukul 17.00 WIB," kata Saefullah.

Peserta nikah massal ini sebanyak 631 pasang yang terdiri atas pernikahan baru sebanyak 141 pasang dan isbat (pengesahan) nikah sebanyak 490 pasang.

Baca juga: Nikah massal meriahkan tahun baru Jakarta 2019
Baca juga: Panggung hingga nikah massal ramaikan pergantian tahun di Jakarta
Pasangan pengantin bersiap mengikuti nikah massal di Thamrin Park Ride, Jakarta, Minggu (31/12/2017). Lebih 400 pasangan pengantin mengikuti nikah massal yang digagas Pemprov DKI Jakarta dalam rangka malam pergantian tahun 2017 ke 2018. (ANTARA /Hafidz Mubarak A)
Seluruh peserta nikah massal, kata Saefullah, akan mendapatkan bantuan gratis biaya nikah dan/atau biaya sidang isbat, uang mahar senilai Rp1 juta serta bingkisan hadiah pernikahan.

"Ini dari dukungan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas/Bazis) Provinsi DKI Jakarta dan juga Pemprov DKI Jakarta," ujar Saefullah.

Tidak hanya nikah massal, Pemprov DKI Jakarta juga menyiapkan berbagai hibur yang tak hanya bertempat di Balai Kota, tapi juga tersebar di sejumlah titik sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin untuk menyambut malam pergantian tahun.

Semua kegiatan berdasarkan Instruksi Sekretaris Daerah Nomor 122 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Rangkaian Kegiatan Acara Malam Tahun Baru 2020.

Di sepanjang Sudirman-Thamrin, terdapat panggung hiburan di lima lokasi, yaitu Halaman Balai Kota Jakarta, Pintu Barat Daya Monas, Jalan Wahid Hasyim (Depan Gedung Jaya), area Bundaran Hotel Indonesia dan Spot Budaya Dukuh Atas.

Baca juga: Dukcapil Jakarta Pusat lakukan pencatatan nikah massal 36 pasangan
Baca juga: Pemkot Jakarta Pusat gandeng Pemprov DKI rencanakan nikah massal 2019


Untuk panggung hiburan di area Bundaran Hotel Indonesia, Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan salah satu televisi swasta dengan menghadirkan sejumlah artis papan atas. Salah satunya Rhoma Irama.

Panggung Hiburan tersebut dapat disaksikan warga Jakarta pada pukul 19.00-24.00 WIB.

Tak hanya panggung hiburan di lima lokasi tersebut. Ada pula penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur di empat lokasi, yakni Terowongan Kendal, Trotoar Halte Menara UOB, Trotoar sekitar Bawaslu RI serta Trotoar Depan Sarinah.

Penampilan Musik Tepi Barat dan Musik Tepi Timur dapat disaksikan mulai pukul 16.00-22.00 WIB.
Baca juga: 5.115 pasangan nikah massal di Jakarta
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019