Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto melakukan peninjauan ke lokasi perayaan HUT partai ke-47 sekaligus rapat kerja nasional (Rakernas) I 2020 di Kompleks JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat.

Hasto melakukan kunjungan itu ditemani oleh Kepala Sekretariat DPP PDIP Adhi Dharmo dan sudah dinantikan oleh Ketua DPD PDIP Jakarta Adi Wijaya bersama jajarannya, seperti dikutip dalam siaran persnya.

Mereka mengecek satu persatu kesiapan lokasi dan fasilitas pendukung acara yang akan digelar pada 10 Januari 2020-12 Januari 2020 itu, seperti ruang VVIP yang disiapkan untuk menyambut Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin yang akan hadir.

Pihak JIExpo yang ikut mendampingi tampak aktif menjelaskan berbagai kesiapan mereka dalam mendukung kesuksesan acara itu.

Selanjutnya mengunjungi ruang di Hall D yang akan menjadi tempat rapat-rapat komisi selama rakernas dilakukan. Lalu ke hall utama yang akan menjadi tempat utama acara. Semua diperiksa dan ditanyakan dengan detil kepada panitia acara yakni DPD PDIP Jakarta.

Baca juga: Rakernas I PDIP momentum konsolidasi politik pemerintahan

Kepada panitia, Hasto meminta mereka untuk bekerja keras menyukseskan peringatan HUT dan rakernas itu.

"Sebab ini rakernas dengan jumlah peserta terbesar sepanjang sejarah berdirinya partai. Jadi mari kita berkoordinasi, bersemangat, dan bekerja keras demi menyukseskannya," kata Hasto.

Hasto juga sempat meninjau sejumlah lokasi dan booth yang disiapkan sebagai arena pameran. Sebab sebagai informasi, selain pelaksanaaan acara partai, berbagai bentuk kesenian dan budaya akan ditampilkan. Dari pameran, gelar seni dan budaya, booth riset, booth RedMe, dan berbagai hal lainnya.

Menurut Hasto, akan ada berbagai kejutan baru yang muncul di ajang partainya kali ini. Termasuk saat acara pembukaan dimana Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan bersama dengan Presiden Jokowi serta Wapres KH Ma'ruf Amin.

"Tunggu saja kejutan baru di acara pembukaan. Yang pasti akan berbeda dengan parpol lain yang ada di Indonesia," kata Hasto.

Baca juga: Presiden Jokowi sampaikan arahan pada Rakernas IV PDIP

Ketua DPD PDIP Jakarta, Adi Wijaya atau akrab disapa Aming, mengatakan pihaknya siap melaksanakan perintah partai, bekerja keras demi suksesnya acara tersebut. Sejauh ini, berbagai tim sudah dibentuk oleh pihaknya. Mereka yang akan mengurusi perlengkapan, konsumsi, keamanan, akomodasi, hingga keamanan.

Misalnya, untuk kendaraan, pihaknya menyiapkan tempat untuk sekitar 4000 unit mobil. Setiap perhelatan acara partai, selain pengurus sebagai peserta rapat, akan hadir juga para penggembira serta masyarakat umum dengan kendaraan masing-masing.

"Kami memastikan semua detilnya beres sesuai perencanaan. Jangan sampai ada detil terlewat yang bisa menggangu kesuksesan acara nantinya," katanya.

Tema rakernas kali ini adalah 'solid bergerak wujudkan Indonesia negara industri berbasis riset dan inovasi nasional'. Sementara sub-tema rakernas adalah 'strategi jalur rempah dalam lima prioritas industri nasional untuk mewujudkan Indonesia berdikari'.

Jumlah pesertanya akan berjumlah 4731 orang terdiri dari pengurus partai dari 34 propinsi 514 kabupaten/kota, anggota DPR dan DPRD PDIP dari seluruh Indonesia, dan para kepala daerah dari PDIP.

Baca juga: Sekjen isyaratkan Megawati akan tetap pimpin PDI Perjuangan

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019