Ifa Isfansyah sebut tak ada genre tertentu untuk "Abracadabra"

Ifa Isfansyah sebut tak ada genre tertentu untuk "Abracadabra"

Jajang C Noer bersama Jajang C Noer dari film "Abracadabra" di Redaksi LKBN ANTARA Jakarta, Jumat (20/12). (ANTARA/Alviansyah)

Jakarta (ANTARA) - Produser Ifa Isfansyah mengatakan bahwa tidak ada genre tertentu untuk menggambarkan film terbarunya, "Abracadabra".

Menurutnya, penonton dapat mengeksplorasi sendiri film tersebut dengan perspektifnya masing-masing.

"Soal genre apa, sebenarnya bukan tugas kita. Kita tak mau established ini (film) drama, komedi, karena di Indonesia sudah punya sesuatu kayak, 'komedi tuh seperti ini loh'," kata Ifa saat berkunjung ke redaksi ANTARA dalam rangka promosi film "Abracadabra" di Gedung Wisma Antara, Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, Ifa juga menanggapi beberapa spekulasi para penonton yang beruntung menyaksikan "Abracadabra" untuk kali pertama saat gelaran Jogja-NETPAC Asia Film Festival, beberapa waktu lalu.

"Tapi memang yang kita buat sebenarya bereksperimen melalui cara bercerita. Orang satu bisa bilang komedi, tapi tidak tahu buat kamu atau orang lain. Kita tidak ingin membuat sesuatu yg settle (untuk tentukan genre)," ujar produser film asal Yogyakarta itu.

Bicara mengenai visual dari film, "Abracadabra" terlihat tampil berbeda dibandingkan film-film Indonesia lainnya, dengan pewarnaan (color toning) dengan palet warna tertentu, seperti pastel-hues.

Menurut Ifa, pendekatan visual yang cenderung berbeda dan menyenangkan itu, bisa menambah pengalaman dan referensi menonton bagi para penikmat film di Indonesia.

"Ini benar-benar imajinasi yang ada di kepala Faozan (Rizal, sutradara). Pemain hingga penonton diberikan ruang untuk mengeksplor cerita, dengan visual dan kostum yang menarik," kata dia.

"Referensi, kita memakai beberapa kali. Tapi yang penting buat saya itu jadi catatan positif. Yang saya pegang, Faozan sebagai sutradara berkarya dengan jujur. Dan kenapa enggak sekarang kita punya Wes Anderson Indonesia?" ujar Ifa melanjutkan.

Film "Abracadabra" dibintangi oleh Reza Rahadian, Salvita Decorte, Asmara Abigail, Lukman Sardi, Muhammad Adhiyat, Poppy Sovia, Butet Kertaredjasa, Jajang C Noer, Dewi Irawan, Ence Bagus, Imam Darto, dan Kill The DJ yang juga mengisi lagu tema film ini.

Film ini berkisah tentang seorang laki-laki bernama Lukman (Reza Rahadian), seorang grandmaster sulap yang tidak percaya pada keajaiban, berencana untuk gagal dan sekaligus pamitan ke teman-temannya di pertunjukan sulap terakhirnya.

"Abracadabra" dijadwalkan tayang di bioskop seluruh Indonesia mulai tanggal 9 Januari 2020.

Baca juga: Jajang C Noer terkesan dengan kostumnya di film "Abracadabra"

Baca juga: Ifa Isfansyah hadirkan warna baru film Indonesia lewat "Abracadabra"

Baca juga: "Abracadabra" film terbaru Reza Rahadian

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jajang C Noer ungkapkan kesannya bermain film Abracadabra

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar