Dirpem ANTARA edukasi mahasiswa Unej tentang jurnalisme warga

Dirpem ANTARA edukasi mahasiswa Unej tentang jurnalisme warga

Direktur Pemberitaan LKBN Antara Akhmad Munir memberikan edukasi tentang jurnalisme warga kepada mahasiswa Universitas Jember di Auditorium kampus setempat, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat (20/12/2019) (ANTARA/ Zumrotun Solichah)

Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA Akhmad Munir memberikan edukasi kepada mahasiswa Universitas Jember tentang jurnalisme warga atau "citizen journalism" dalam rangkaian kegiatan bertajuk "Tegalboto Memanggil" yang digagas oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember yang digelar di Auditorium kampus setempat, Jumat.

"Kami memberikan pengenalan kepada mahasiswa Universitas Jember tentang jurnalisme warga karena saat ini generasi muda tidak lepas berinteraksi dengan masyarakat luas melalui internet dan media sosial," kata Akhmad Munir di Kabupaten Jember.

Di era saat ini, lanjut dia, informasi merupakan bagian penting yang harus dikelola, sehingga perlu memberikan edukasi kepada mahasiswa untuk menjadi bagian dari menyebarkan informasi melalui citizen journalism di media sosial dengan menerapkan kaidah jurnalistik.

Baca juga: LKBN ANTARA raih penghargaan Media Menginspirasi KPPPA

"Kaidah yang harus dipatuhi oleh jurnalisme warga dalam menyampaikan informasinya di antaranya sesuai fakta, disampaikan dengan bahasa yang santun dan benar, dan menerapkan 5W + 1 H," ucap alumnus FISIP Universitas Jember itu.

Dalam penjelasan materinya yang berjudul "Journalist Beyond 4.0", Akhmad Munir juga menyampaikan tantangan wartawan maupun perusahaan media, serta kondisi pers dan bisnis media secara keseluruhan yang menghadapi era disrupsi digital, sehingga wartawan milenial kini dituntut untuk multitasking.

Selain Direktur Pemberitaan LKBN ANTARA, lokakarya terkait dengan jurnalistik itu juga dihadiri Majelis Etik Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Dwijo U. Maksum, dan wartawan senior Jawa Pos Grup Shodiq Syarif.

Dalam kegiatan "Tegalboto Memanggil" tersebut, seluruh alumnus Universitas Jember bertekad bersatu padu, bergotong royong dan bekerjasama memajukan almamater tercinta.

Baca juga: Komisi I dukung Antara jadi sentral distribusi informasi terpercaya

Beberapa alumnus Universitas Jember yang hadir di antaranya mantan Deputi Menkop yang kini menjadi pengusaha Batik Paras Ayu Yogyakarta Ikhwan Asrin, anggota DPR RI Fraksi Golkar M. Nur Purnamasidi dan pasangan pengusaha properti Purnomo-Sri Hartatik.

Sementara Ketua LP2M Unej Prof Achmad Subagio mengatakan rangkaian acara "Tegalboto Memanggil" mengatakan berbagai kegiatan yang dirancang untuk mempertemukan alumnus dengan Universitas Jember termasuk dengan para mahasiswa agar mendapatkan pengalaman dari para seniornya.

"Ada kegiatan Focus Group Discussion, lokakarya hingga ngeband bersama alumnus. Bahkan di hari kedua para mahasiswa akan kami ajak ke destinasi wisata Potre Koneng di Bondowoso untuk belajar bagaimana menulis di blog dan membuat vlog dibimbing vlogger keren Gemala Hanafiah," katanya.

Pakar mocaf itu menjelaskan kegiatan tersebut digelar bertujuan agar mahasiswa Universitas Jember mampu mempromosikan Kampus Tegalboto kepada masyarakat luas.

Baca juga: Anggota Komisi I DPR ingin LKBN Antara miliki lembaga riset media

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar