Liga Inggris

Arsenal resmi umumkan penunjukan Arteta

Arsenal resmi umumkan penunjukan Arteta

Mikel Arteta saat diperkenalkan sebagai pelatih kepala baru Arsenal, Jumat (20/12/2019). (ANTARA/Twitter@Arsenal)

Jakarta (ANTARA) - Arsenal secara resmi mengumumkan penunjukan Mikel Arteta sebagai pelatih kepala baru klub London tersebut pada Jumat, sekira empat pekan setelah pemecatan Unai Emery.

Laman resmi Arsenal menyebut Arteta menyepakati kontrak berdurasi 3,5 tahun. Saat masih aktif sebagai pesepak bola, Arteta juga sempat menghabiskan lima tahun bahkan menyandang ban kapten di Arsenal.

Baca juga: Arteta segera teken kontrak 3,5 tahun di Arsenal

"Kami sungguh senang menyambut Mikel kembali ke Arsenal. Ia tahu ekspektasi tinggi kami dan para suporter di seluruh dunia," kata Josh Kroenke dari dewan manajemen Arsenal.

"Kami yakin ia bisa memainkan peran penting untuk membawa klub ini ke level yang seharusnya," ujarnya menambahkan.

Arteta sebelumnya merupakan asisten manajer Pep Guardiola di Manchester City.

Kepastian penunjukan Arteta mengakhiri tugas Freddie Ljungberg sebagai manajer interim didampingi Per Mertesacker semenjak pemecatan Emery.
Selama didampingi Ljungberg, Arsenal cuma memetik satu kemenangan dalam empat pertandingan di Liga Inggris dan kini tertahan di urutan ke-10 klasemen dengan raihan 22 poin. Tugas terakhir Ljungberg di Arsenal dilakoninya ketika dipecundangi Man City 0-3.

Kendati demikian Ljungberg turut berperan memastikan satu tempat di babak 32 besar Liga Europa untuk Arsenal, hanya lewat hasil imbang 2-2 kontra Standard Liege. Arsenal akan menghadapi Olympiakos di babak 32 besar pada Februari 2020.

Arteta akan menjalani tugas pertamanya sebagai pelatih kepala Arsenal pada akhir pekan ini saat bertandang ke markas Everton di Goodison Park dalam laga ke-18 Liga Inggris.

Baca juga: Wenger nilai Arteta tak punya pengalaman melatih

Baca juga: Ancelotti belum resmi, Everton masih ditukangi Ferguson kontra Arsenal

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar