'contraflow' diterapkan atas diskresi kepolisian pada kilometer 47 sampai kilometer 53 arah Cikampek sejak pukul 08.20 WIB
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga TBK menerapkan sistem lalu lintas melawan arus (contraflow) pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Cikampek, untuk mengatasi kepadatan di beberapa titik.

"Sistem 'contraflow' diterapkan atas diskresi kepolisian pada kilometer 47 sampai kilometer 53 arah Cikampek sejak pukul 08.20 WIB," demikian disampaikan Corporate Communications & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) TBK, Dwimawan Heru, di Jakarta, Sabtu.

Dengan diterapkannya sistem itu, diharapkan kepadatan yang terjadi pada titik pertemuan Jalan Tol Japek Elevated II dan jalan tol Japek kilometer 48 dan menjelang tempat istirahat di kilometer 50 dapat mencair.

Baca juga: Polantas siapkan "contraflow" antisipasi macet arus mudik Natal

Jasa Marga telah menyiagakan para petugas dan menyiapkan rambu-rambu yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan contraflow.

"Kami imbau kepada seluruh pengguna jalan untuk selalu berhati-hati dalam berkendara, mematuhi rambu-rambu dan mengikuti arahan petugas di lapangan," kata Heru.

Panjang tol Japek sebesar 73 kilometer

Baca juga: Petugas ungkap kendala "one way" dan "contraflow" Tol Jakarta-Cikampek
 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019