UMSU siap pecahkan rekor MURI pengamatan gerhana massal

UMSU siap pecahkan rekor MURI pengamatan gerhana massal

ILUSTRASI: Sejumlah warga menyaksikan fenomena alam gerhana matahari. ANTARA/Septianda/am.

Selain pengamatan nantinya juga ada pembuatan kacamata matahari terbanyak dalam hal ini kami menyiapkan 3.000 kacamata untuk dibagikan kepada peserta dan pengunjung
Medan (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) akan kembali memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai pengamatan gerhana terbanyak atau secara massal yang diikuti 3.000 peserta pada 26 Desember 2019.

Kepala Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU Dr Arwin Juli Rakhmadi Butarbutar di Medan Sabtu mengatakan dalam menyambut gerhana matahari cincin sebagian atau sebesar 90 persen di Kota Medan tim OIF UMSU siap untuk memecahkan rekor MURI sebagai pengamatan gerhana terbanyak.

Baca juga: BMKG Banjarnegara ajak warga amati gerhana matahari cincin

"Selain pengamatan nantinya juga ada pembuatan kacamata matahari terbanyak dalam hal ini kami menyiapkan 3.000 kacamata untuk dibagikan kepada peserta dan pengunjung," katanya.

Pihak kampus UMSU menginstruksikan seluruh staf, karyawan dan mengajak mahasiswa maupun masyarakat Kota Medan untuk ikut memeriahkan perhelatan fenomena alam gerhana matahari cincin langka untuk bersama-sama mengamati gerhana tersebut.

Baca juga: OIF UMSU gelar pengamatan gerhana matahari langka

Arwin menjelaskan dalam kegiatan itu selanjutnya tim OIF UMSU akan membimbing dan mengarahkan para peserta maupun pengunjung untuk membuat kacamata dan digunakan secara bersama-sama.

Baca juga: Gerhana matahari total terlihat di Simeulue dan Aceh Singkil

"Untuk perhelatan fenomena gerhana matahari cincin langka ini, OIF UMSU mendaftarkan dua pemecahan rekor kepada MURI yakni dalam membangun sebuah kamera lubang jarum raksasa dengan ukuran 7x15 meter dan pengamatan gerhana terbanyak," tambahnya.

Kegiatan ini dengan tujuan untuk memotivasi masyarakat serta para mahasiswa yang datang agar memiliki minat belajar mengenai ilmu astronomi di OIF UMSU.

Tantangan terbesar yang akan dihadapi pada tanggal 26 Desember 2019 nanti adalah keadaan cuaca yang belakangan ini sering hujan, mendung dan gerimis.

OIF juga telah bekerjasama (MoU) dengan BMKG Deliserdang, yaitu guna merekam dan disiarkan secara langsung (live streaming).
 

Pewarta: Juraidi dan Septianda
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

UMSU pecahkan dua rekor terkait gerhana matahari cincin

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar