Kuala Lumpur (ANTARA) - Perdana Menteri Malaysia Tun Dr Mahathir Mohamad mengatakan pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Kuala Lumpur Summit (KTT KL Summit) 2019 telah memberikan hasil nyata dalam upaya untuk membawa kemajuan dan meningkatkan keadaan umat Islam.

Mahathir mengemukakan hal itu dalam sambutan penutupan pada pertemuan empat hari di Kuala Lumpur Convention Center, Sabtu.

Perdana menteri mengatakan pertemuan puncak telah menyaksikan pertukaran 18 instrumen yang sukses di berbagai bidang termasuk teknologi canggih, kolaborasi media, pusat keunggulan, ketahanan pangan dan kepemimpinan pemuda dan program pertukaran.

"Ada beberapa lagi yang sedang dalam proses yang dihasilkan dari diskusi selama KTT ini," katanya

Ketua KTT KL Summit mengharapkan saudara-saudara Muslim lainnya akan melihat sendiri bahwa apa yang ingin dilakukan KT Summit adalah menyatukan umat pada teknologi strategis dan maju.

"Memperoleh pengetahuan ini adalah satu-satunya harapan kami untuk menghentikan ummah agar terus-menerus diganggu dan dianiaya oleh musuh-musuh kami," katanya.

"Kami menegaskan kembali keyakinan kami bahwa semua Muslim adalah saudara dan bahwa langkah kecil yang kami ambil ini akan menjadi awal dari perjalanan panjang dan berbuah dengan umat lainnya," katanya.

Mahathir mengatakan aspek terpenting dari semua fokus pertemuan puncak - ekonomi, ilmu pengetahuan dan teknologi serta industri pertahanan - adalah kebutuhan untuk dapat menghasilkan dan menciptakan teknologi asli yang baru.

"Selama kita bergantung pada teknologi yang diciptakan oleh musuh-musuh Islam, mereka akan selamanya dapat menghindari, mendikte, dan mengendalikan upaya kita untuk meningkatkan teknologi dan sistem pertahanan kita khususnya," katanya.

Mahathir mengatakan diskusi juga menyentuh masalah mata uang dan cara negara-negara Muslim berdagang satu sama lain, di mana ia menyarankan untuk mengunjungi kembali gagasan perdagangan menggunakan dinar emas dan perdagangan barter.

Dia mengatakan itu juga penting baginya untuk menunjukkan bahwa Iran secara khusus, terlepas dari sanksi selama bertahun-tahun, telah dapat terus maju dan berkembang dengan jumlah insinyur terbesar keempat di dunia.

Pemimpin Malaysia mengatakan Qatar juga telah mengalami embargo dan, seperti Iran, Qatar telah berhasil naik di atasnya dan berkembang secara mengesankan.

“Namun, sanksi dan embargo semacam itu tidak akan khusus untuk Iran dan Qatar. Dengan negara-negara yang menyaksikan dunia membuat keputusan sepihak untuk menjatuhkan tindakan hukuman seperti itu, Malaysia dan negara-negara lain harus selalu mengingat bahwa hal itu dapat dikenakan pada kita semua," katanya.

Mahathir mengatakan bahwa lebih banyak alasan bagi negara-negara Muslim untuk mandiri dan bekerja untuk itu dengan negara-negara Muslim lainnya untuk memastikan bahwa jika dan ketika tindakan-tindakan semacam itu dikenakan pada mereka, mereka mampu menghadapinya.

Mahathir juga khawatir bahwa umat Islam di negara-negara non-muslim dipaksa untuk melakukan asimilasi, dengan mengatakan bahwa "kami mendukung integrasi tetapi asimilasi sejauh pelepasan agama kami tidak dapat diterima".

Dia mengatakan pertemuan itu menunjukkan bahwa jika negara-negara Muslim merdeka dan mampu berdiri di atas kaki mereka sendiri, mereka tidak akan dikenai perlakuan semacam itu.

Dengan populasi hampir 1,8 miliar, Mahathir mengatakan mereka membentuk hampir seperempat dari total populasi manusia, namun, mereka tidak memiliki perwakilan proporsional di semua bidang di platform global.

Mahathir juga memiliki beberapa pesan kepada mereka yang memiliki pendapat negatif tentang KT Summit.

“Kami di sini bukan untuk menggantikan platform Muslim lain, kami juga tidak bermaksud untuk membuat kategori atau kelas yang berbeda dari negara-negara Muslim atau untuk merusak yang lain.

Mahathir mengatakan mereka adalah jemaat beberapa negara Muslim yang ingin membahas beberapa bidang.

"Ini adalah jemaat dari beberapa negara Muslim di mana beberapa pemimpin ingin berkumpul dan membahas beberapa bidang yang mungkin bagi mereka untuk membangun kolaborasi yang pertama-tama, bermanfaat bagi negara-negara yang terlibat dan kemudian dibawa ke platform yang lebih besar dan kolaborasi untuk bermanfaat bagi dunia Muslim secara keseluruhan.

Meskipun mungkin tidak menghilangkan beberapa kecurigaan, ujar dia, pihaknya ingin mengulangi lagi bahwa KTT ini difokuskan pada tujuannya untuk menemukan solusi dan program yang dipercaya dapat membantu dan akhirnya menyelamatkan umat dari kesengsaraan mereka saat ini.

Baca juga: Empat pimpinan negara pidato pada pembukaan KL Summit
Baca juga: KTT Kuala Lumpur dihadiri 56 negara Muslim

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019