Kabaharkam pesan polisi hadir di jalur-jalur mudik

Kabaharkam pesan polisi hadir di jalur-jalur mudik

Kabaharkam Polri Irjen Pol Agus Andrianto (tengah) didampingi Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono (kiri) dan Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Lotharia Latif saat mendengarkan pemaparan rekayasa lalu lintas pengamanan Operasi Lilin 2019 wilayah Polda Jabar, di Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). ANTARA/ Anita Permata Dewi/pri.

Purwakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Irjen Pol Agus Andrianto berpesan agar para polisi dikerahkan ke rute-rute yang dilalui pemudik, baik di tol maupun jalan arteri untuk memberikan rasa aman kepada pemudik.

"Tolong kehadiran anggota. Kalau terjadi kepadatan arus kendaraan, kehadiran anggota untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat," kata Irjen Agus di Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu.

Baca juga: DPR RI dukung Kabaharkam Polri diganti jika Firli jabat Ketua KPK

Pihaknya meyakini bahwa Operasi Lilin 2019 akan berjalan lancar.

"Operasi ini merupakan operasi tahunan. Pengalaman dari waktu ke waktu dianalisis dan dievaluasi. Saya yakin rencana operasi yang dilaksanakan secara dinamis berdasarkan perkembangan situasi di lapangan, akan berjalan dengan baik," katanya.

Tol Trans Jawa, tepatnya mulai kilometer 70 Cikampek Utama hingga kilometer 414 Kalikangkung diberlakukan sistem satu arah (one way) pada Sabtu, mulai pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

"One way dari kilometer 70 Cikatama hingga kilometer 414 Kalikangkung. Semua personel, fasilitas untuk one way sudah dipersiapkan sampai ke Jawa Tengah," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono.

Baca juga: Hukum kemarin, Densus 88 tetapkan tersangka hingga Kabaharkam baru

Pemberlakuan one way ini karena hari ini diperkirakan menjadi puncak arus mudik liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Hari ini puncak arus mudik Nataru. Besok sudah normal lagi (tidak berlaku one way)," katanya.

Dengan pemberlakuan one way, pihaknya mengimbau agar pengemudi bus menggunakan jalur A (jalur kiri). Sementara pengemudi kendaraan golongan I menggunakan jalur B (jalur kanan).

Istiono menyebut pihaknya menyiagakan 250 personelnya di jalur one way dari Cikampek Utama hingga Kalikangkung.

Sementara arus kendaraan dari Jawa Tengah yang menuju ke Jakarta diarahkan ke jalan arteri. "Kami siapkan contraflow satu lajur untuk keluar ke arteri," katanya. 

Baca juga: 120 ribu personel TNI dan Polri amankan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

Baca juga: Kapuspen TNI sebut tak ada pengamanan khusus jelang Natal di Papua

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pemuda Muslim amankan ibadah Natal di Jayapura

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar