Hampir semua kita punya buah, ada langsat, rambutan, duren hingga Jeruk Selayar
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi  Sulawesi Selatan tidak hanya mengandalkan destinasi wisata namun juga menawarkan buah-buahan asli daerah dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan ke daerah itu.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah di Makassar, Sabtu, mengatakan turis mancanegara bisa menikmati berbagai buah lokal segar antara lain langsat, rambutan, duren, buah naga, jeruk Aelayar dan Malangke, serta masih banyak buah lainnya.

Baca juga: Kunjungan wisman ke Sulsel naik 5,72 persen berkat musim liburan

“Hampir semua kita punya buah, ada langsat, rambutan, duren hingga Jeruk Selayar,” katanya.

Untuk jeruk Selayar sendiri, sedikit demi sedikit sudah mulai menghilang. Olehnya itu, Prof Nurdin mengajak masyarakat untuk berkolaborasi mengembalikan kejayaan Jeruk Selayar dan Malangke.

“Tidak sulit untuk kita kembalikan. Jeruk Malangke ini juga tantangan kita, karena kita biarin masyarakat kita mengembangkan tapi tidak ada yang mendorong, bagaimana sinergi ini dibangun,” ujarnya.

Baca juga: Masuk 10 potensi wisata halal, Sulsel hadapi banyak tantangan

Mantan Bupati Bantaeng dua periode itu menjelaskan jutaan turis mancanegara yang masuk di Indonesia, minimal 10 persennya bisa menikmati pariwisata yang ada di Sulsel.

“Saya ingin sampaikan kepada kita semua bahwa turis yang masuk di Indonesia sangat luar biasa. Tapi kita minimal 10 persennya saja sangat luar biasa, ditambah lagi dengan domestik,” jelas Bupati Bantaeng 2008-2018 itu.

Baca juga: Sultan Halal Festival Sulsel target wisman Malaysia-Singapura
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019