Jakarta (ANTARA) - Utan Kemayoran resmi diluncurkan dan dibuka untuk umum pada Sabtu dan kehadirannya sebagai destinasi baru bagi warga utara Jakarta sekaligus sebagai solusi bagi tata hijau perkotaan.

Peresmian Utan Kemayoran yang lebih umum dikenal oleh masyarakat sebagai hutan kota itu dihadiri Asisten Ekonomi dan Pengembangan Sekda Provinsi DKI Jakarta, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara dan Direktur Utama Pusat Pengelola Komplek (PPK) Kemayoran Medi Kristianto dan sejumlah tamu undangan.

"Hari ini dibuka Utan Kemayoran, diharapkan besok sudah bisa diakses masyarakat terutama di Utara Jakarta, 'free' bebas biaya tanpa dipungut biaya, silahkan beraktivitas di sini," kata Medi Kristianto.

Medi mengatakan Utan Kemayoran mengusung konsep "Three Wonderfull Journey", yaitu jelajah hutan, ekspedisi mangrove dan area bermain air yang mewakili tiga karakter utama Utan Kemayoran yang terletak di Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dengan tiga karakter ini, Utan Kemayoran seluas 22,3 hektare siap menjadi pusat komunitas maupun masyarakat umum di ruang terbuka hijau.

"Kita menyadari kebutuhan ruang terbuka hijau bagi masyarakat perkotaan. Untuk itu kami merevitalisasi hutan kota di kawasan Kemayoran sebagai solusi tata hijau perkotaan," kata Medi.

Baca juga: PPK kemayoran revitalisasi Utan Kemayoran di lahan seluas 22 hektar
Landmark Utan Kemayoran diresmikan sebagai destinasi baru ruang publik bagi warga Jakarta bagian utara, Sabtu (21/12/2019). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Komplek (PPK) Kemayoran menghadirkan kembali hutan kota dengan wajah baru seluas 22,3 hektar setelah revitalisasi Utan Kemayoran rampung pada November 2019.

Sembari menikmati wajah baru Utan Kemayoran, masyarakat dimanjakan dengan kehadiran "viewing tower" yang membantu pengunjung melihat pemandangan di sekeliling Kemayoran dari atas.

Ada juga sarana "amphiteater" dan panggung terapung yang nantinya dapat digunakan untuk kegiatan seni baik musik atau pun pentas lainnya.

Di Utan Kemayoran juga dibangun jembatan gantung berbentuk lengkung berfungsi sebagai "viewing deck" yang melayang di atas air serta penangkaran burung dan kupu-kupu.

Baca juga: Hutan kota Kemayoran ditargetkan rampung November

Terdapat pula fasilitas olahraga "jogging track" yang sudah ada di Utan Kemayorah menambah kenyamanan masyarakat untuk berolahraga.

Sigit Wijatmoko menyebutkan Utan Kemayoran menghadirkan kebaharuan bagi warga Jakarta Utara untuk menikmati ruang terbuka publik.

"Ini kebaruan bagi kami, kami siap untuk berkolaborasi, kami siap membangun bersama-sama menghadirkan kebaharuan, bagi wilayah Jakarta Utara menghadirkan kebahagiaan bagi warga Jakarta," kata Sigit.

Peluncuran Utan Kemayoran juga dimeriahkan dengan kehadiran penyanyi Andien serta Pusakata.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019