Jakarta (ANTARA) - Biasanya, ada kue khusus yang tersaji saat hari Natal dan Tahun Baru di berbagai wilayah dunia dengan bahan-bahan yang digunakan relatif berbeda serta pembuatan yang sulit ketimbang kue pada umumnya. Di Italia misalnya, ada Panettone yang bahkan membutuhkan waktu 36 jam pembuatan. Selain itu, masih ada Galette des rois dan Vasilopita Yunani.

1. Panettone

Orang Italia tumbuh dalam tradisi menyantap panettone saat Natal. Meskipun sekarang Anda dapat menemukan kue yang lembut dan seperti brioche di sebagian besar supermarket, kue ini tidak dapat dibandingkan dengan produk lainnya.

Paolo Gatto dari PaRi Pasticceria di Sydney baru-baru ini, seperti dilansir laman sbs.com.au membuat panettone menggunakan tepung impor, jeruk Sisilia, sedangkan sultana (seperti kismis) dari Australia.

Menurut dia, untuk membuat panettone yang enak dan bagus, membutuhkan waktu setidaknya 36 jam dan lebih dari dua hari. Biasanya diketahui dari aroma dan tekstur.

“Ambil panettone dengan dua tangan dan cicipi, Anda bisa merasakan mentega segar dan kerenyahan di atasnya. Ketika Anda membukanya, Anda melihat gelembung kecil di atas dan ada tekstur lembut di bagian dalamnya. Ini bedanya antara panettone di pasar dan tradisional," kata Gatto.

Masyarakat di Italia akan menyajikan panettone sejak minggu pertama Desember hingga Januari, baik untuk sarapan ataupun hidangan setelah makan malam.

“Ketika Anda membangun pohon Natal, hal pertama yang Anda letakkan di bawah adalah panettone dan Anda memotongnya pada Malam Natal," tutur Gatto. "

2. Galette des rois (kue raja Prancis)

Masyarakat Prancis biasanya mengonsumsi kue ini pada Epiphany atau hari ke-12 Natal, yang biasanya jatuh pada 6 Januari di Prancis. Chef Guillaume Brahimi mengatakan, kue sederhana ini berupa puff pastry dan krim frangipane dan "feve" panggang di dalam kue.
Ilustrasi Galette des rois (Shutterstock)

“Tradisinya, orang yang mendapat "feve"adalah raja dan mendapat mahkota. Di Prancis, menjadi raja bukanlah perkara baik atau buruk, tetapi hanya semacam perayaan. Semua orang di Perancis menyukai kue ini," kata Brahimi.

Kue puff ini rumit dan membutuhkan waktu sekitar lima hari untuk membuatnya dengan benar.
 
Ilustrasi Vasilopita (Shutterstock)


3. Yunani

Kue atau roti Hari Tahun Baru ini tradisi penting dari Gereja Ortodoks Yunani dan bagian perayaan keluarga. Aki Daikos dari toko roti Yunani Alevri di Sydney mengatakan kata vasilopita berarti "roti manis basil", yang memiliki rasa jeruk dan vanila.

"Ketika vasilopita dibuat, sebuah koin dimasukkan ke dalamnya. Bumbu manis ditambahkan ke roti yang melambangkan kegembiraan hidup dan harapan bahwa Tahun Baru akan dipenuhi dengan hal manis, seperti kebebasan, kesehatan, dan kebahagiaan," tutur Daikos.

Nantinya, anggota keliarga yang menerima bagian [yang] berisi koin akan dianggap diberkati untuk tahun yang akan datang.

"Ini adalah perayaan keluarga dan cara yang luar biasa seperti itu untuk memulai setiap Tahun Baru," pungkas Daikos.


Baca juga: Pembuat kue banjir orderan jelang Natal

Baca juga: Sikap MUI soal toko kue menolak menuliskan ucapan Natal

Baca juga: Chef Marinka bagikan resep sukses bikin kue

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019