penurunannya range 6 sampai 10 persen di dua hari yang sama
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut kehadiran Tol Jakarta-Cikampek (Japek) yang baru dibuka sejak Minggu (15/12) turut mempengaruhi jumlah penumpang kereta api khususnya yang melewati jalur selatan Jawa.

"Ada pergeseran-pergeseran dengan adanya jalan tol (Japek), yang tadinya naik kereta api, mereka mencoba karena ini musim liburan. Kalau liburan, kan, yang penting mereka sampai," kata Menhub saat meninjau Stasiun Pasar Senen Jakarta, Sabtu.

Menurut Budi, apabila dibandingkan secara year-to-year dalam rentang waktu dua hari masa angkutan natal dan tahun baru, terjadi penurunan sekitar enam hingga sepuluh persen.

Baca juga: Kepadatan KM44 Tol Layang dipicu perapian jalan
Baca juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek diprediksi kurangi kepadatan 40 persen


Akan tetapi, Budi tidak menyebut secara rinci berapa kisaran penurunan jumlah penumpang kereta api dalam rentang dua hari secara year-to-year tersebut.

"Satu hari ini tol Japek dibuka jadi sehingga banyak yang beralih. Penurunannya range 6 sampai 10 persen di dua hari yang sama masa angkutan Natal," kata dia.

Meski begitu, ia meyakini bahwa penurunan tidak akan bertahan lama, sebab peralihan moda transportasi yang terjadi hanya sebatas euforia semata sejak dibukanya, termasuk viral kondisi jalan, Tol Japek.

Baca juga: Kepadatan arus balik terjadi di jalan Tol Jakarta-Cikampek
Baca juga: Truk terguling di ruas Tol Jakarta-Cikampek akibat kelebihan muatan



"Mungkin ini euforia aja. Saya pikir enggak apa-apa, karena kereta api tetap bagian yang favorit. Ada suprise, ada yang nyoba tol Japek hari ini jadi sedikit macet," kata dia.

Sementara data dari PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta, angka penumpang di Stasiun Gambir pada Sabtu hingga pukul 12.00 WIB menunjukkan volume pemberangkatan sejumlah 21.358 orang. Angka itu menggeliat dibanding pada akhir pekan biasa yang hanya mencapai 14 ribu orang dalam rentang waktu yang sama.

Di Stasiun Pasar Senen menunjukkan angka yang sama. Volume pemberangkatan penumpang sudah menyentuh angka 22.645 hingga pukul 12.00 WIB atau meningkat dari jumlah akhir pekan biasa yang hanya 16 hingga 18 ribu penumpang.

Baca juga: Pemerintah siapkan manajemen rekayasa urai kepadatan Tol Jakarta-Cikampek
Baca juga: Lokasi jelang tempat istirahat picu kepadatan tol Jakarta- Cikampek

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019