Surabaya (ANTARA) - Persebaya sukses menempati posisi runner up klasemen sementara setelah mengalahkan Perseru Badak Lampung 2-1 pada laga pamungkas lanjutan Liga 1 Iindonesia pekan ke-34 musim kompetisi 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu sore.

Kemenangan tersebut menambah koleksi poin Persebaya menjadi 54 angka di bawah Bali United dan di atas Persipura Jayapura.

David Da Silva mencetak dua gol pada laga pamungkas tersebut, masing-masing menit ke-70 dan 85, sedangkan gol Perseru Badak Lampung dilesakkan Aulia Hidayat pada menit ke-58.

Baca juga: Persebaya ditahan Perseru Badak Lampung tanpa gol di babak pertama

Pada 15 menit awal babak pertama, kedua tim sama-sama memiliki peluang emas, namun masih belum berhasil mengubah kedudukan.

Peluang tuan rumah didapat Diogo Campos yang mendapat umpan silang mendatar dari Oktavianus Fernando, tapi masih digagalkan kiper Perseru Badak Lampung Dikri Yusron.

Sedangkan, kesempatan tim tamu didapat striker impor mereka Marquinhos melalui tendangan bebas, namun sepakannya masih tipis di atas mistar gawang Miswar Saputra.

Kembali “Bajol Ijo”, julukan Persebaya, mendapat peluang emas menut ke-26 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti David Da Silva, namun masih diblok kiper lawan.

Begitu juga ketika striker asal Brazil itu lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadap-hadapan dengan Dikri Yusron, tapi usahanya mengelabui kiper masih terbaca.

Peluang kembali diciptakan Persebaya pada menit ke-38 yang kali ini oleh Aryn Williams, tapi tendangan kerasnya masih membentur mistar gawang.

Baca juga: Meski tak pernah menang tandang, PSM bertekad curi poin dari Persib

Dua menit berselang giliran Perseru Badak Lampung yang nyaris memecah kebuntuan, tapi bola hasil tendangan bebas Marquinhos masih bergulir tipis di garis gawang setelah terlepas dari tangan Miswar Saputra.

Lagi-lagi Marquinhos mengancam tuan rumah melalui tendangan bebas, tapi sepakannya yang sudah melewati pagar betis masih membentur mistar gawang Miswar Saputra, dan skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Persebaya yang menargetkan poin penuh demi menjaga asa lolos ke Asia berusaha tampil lebih menyerang, termasuk memainkan Osvaldo Haay dengan menarik keluar Oktavianus Fernando.

Baca juga: Satgas antimafia bola wilayah Jatim turunkan tim awasi pertandingan

Keasyikan menyerang, Persebaya kebobolan terlebih dahulu melalui Aulia Hidayat menit ke-58 memanfaatkan tendangan bebas yang masih membentur pagar betis, tapi bola justru jatuh di kaki Aulia dan melepaskan tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti.

Tertinggal, pelatih Persebaya Aji Santoso melakukan rotasi di lini tengah dengan menarik keluar Diogo Campos dan memainkan Rendi Irwan.

Persebaya akhirnya menyamakan kedudukan menit ke-70 setelah David Da Silva mencetak gol melalui tendangan penalti.

Wasit Oki Dwi Putra asal Jawa Barat menunjuk titik putih setelah tangan pemain belakang Perseru Badak Lampung menyentuh bola di dalam kotak terlarang.

Usai disamakan kedudukan, Pelatih Perseru Badak Lampung Petrovic Milan melakukan rotasi di lini tengah dengan mengganti Haryanto Panto dan memasukkan Muhammad Fahri.

Babak kedua berakhir kurang lima menit, David Da Silva membawa timnya unggul 2-1 setelah mencetak gol melalui sundulan kepala memanfaatkan umpan matang Ruben Sanadi yang masuk menggantikan Alwi Slamat di pertengahan babak kedua.

Di sisa laga tanpa penonton tersebut, tak ada gol tambahan tercipta dan Persebaya mengakhiri pertandingan Liga 1 musim ini dengan hasil positif.

Baca juga: Supardi bertekad bawa Persib raih kemenangan di laga pamungkas

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019