Selain Banser, organisasi lain yang juga terlibat langsung pengamanan
Sumenep (ANTARA) - Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Barisan Ansor Serba Guna (Banser) membantu pengamanan Natal dan Pergantian Malam Tahun Baru 2020 di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur.

Menurut Kapolres Sumenep AKBP Deddy Supriadi di Sumenep Minggu, Banser merupakan salah satu ormas yang terlibat secara langsung dalam Operasi Lilin Semeru 2019 bersama 356 personel gabungan lainnya.

"Selain Banser, organisasi lain yang juga terlibat langsung pengamanan Natal dan Pergantian Malam Tahun Baru 2020 adalah Pramuka dan Palang Merah Indonesia," kata Kapolres.

Baca juga: Jalur Puncak tentatif "oneway" selama liburan Natal dan Tahun Baru

Ia lebih lanjut menjelaskan, dari total jumlah personel sebanyak 356 personel yang diterjunkan mengamankan Perayaan Natal dan Pergantian Malam Tahun Baru tersebut, sebanyak 200 personel diantara dari unsur Polri.

Sedangkan sebanyak 156 personel sisanya merupakan gabungan dari personel TNI, Dishub, Satpol-PP, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan.

"Termasuk Banser Sumenep itu, juga masuk diantara 156 personel itu," katanya, menjelaskan.

Kapolres AKBP Deddy Supriadi mengatakan, fokus pengamanan operasi Lilin Semeru 2019 itu antaranya gereja, objek wisata, dan pusat-pusat pembelanjaan yang ada di Kabupaten Sumenep.

Sedangkan gereja yang akan merayakan Misal Natal dan akan dijaga ketat petugas gabungan terdiri dari Gereja Pante Kosta, Gereja Katholik Gunung Karmel, dan Gereja Bethel Indonesia.

Kapolres AKBP Deddy Supriadi mengapresiasi kepedulian Banser Sumenep yang ikut secara aktif mengamankan Natal dan Pergantian Malam Tahun Baru 2020.

"Oleh karena itu kami juga mengajak kepada semua elemen masyarakat, mari kita ciptakan situasi yang kondusif," ucap Kapolres.

Baca juga: Anggota DPR: Kewaspadaan perlu ditingkatkan namun jangan berlebihan

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019