Perempuan sehat, keluarga sehat, kualitas sumber daya manusianya lebih baik
Jakarta (ANTARA) - Perempuan dari sejumlah komunitas olahraga sepeda se-Jabodetabek menggowes  bersama dalam rangka memperingati Hari Ibu, Minggu pagi.

Dengan sepeda lipat hingga sepeda gunung, mereka mulai gowes bersama dari titik jalur sepeda Jalan Letjen M.T.Haryono Jakarta Timur, menuju kawasan Tebet, Jakarta Selatan kemudian berhenti sejenak di Monumen Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, lalu berputar ke titik awal melewati kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Mereka mengayuh sepedanya dengan ceria, mengenakan atasan kebaya semarak. Tak lupa mengenakan piranti keselamatan di jalan raya seperti helm sepeda dan sarung tangan.

Baca juga: ASN nikmati bersepeda di Pulau Reklamasi

Setelah mengarungi rute bersepeda, para ibu tersebut melepas lelah dengan meneguk jamu tradisional seperti kunyit asam, beras kencur dan jahe yang disiapkan para ibu penjual jamu bersepeda.
Para ibu dalam komunitas Perempuan Indonesia Bersepeda meminum jamu untuk melepas lelah sehabis bersepeda di Jakarta, Minggu (22/12/2019). (ANTARA/Devi Nindy)


Koordinator lapangan Perempuan Bersepeda Novita Purbasari mengatakan acara tersebut digagas Perempuan Indonesia Bersepeda bersama Komunitas Bike to Work dan PT Adhi Commuter Properti sebagai cara apresiasi bagi sosok ibu bersepeda.

"Agar perempuan bersepeda bisa tetap aktif, bersepeda. Perempuan sehat, keluarga sehat, kualitas sumber daya manusianya lebih baik," ujar Novita.

Selain itu, acara tersebut juga memberikan apresiasi bagi ibu-ibu yang bekerja menghidupi keluarganya dengan bersepeda.

Baca juga: 25.000 peserta ramaikan acara gowes bersama presiden

"Tujuan acaranya 'charity' untuk perempuan yang sudah puluhan tahun bekerja demi keluarga menggunakan sepeda seperti tukang jamu dan guru," kata Novita.
Pemberian penghargaan terhadap ibu-ibu pekerja pengayuh sepeda di Jakarta, Minggu (22/12/2019). (ANTARA/Devi Nindy)

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019