Liga Italia

Atalanta pecundangi Milan dengan kemenangan lima gol tanpa balas

Atalanta pecundangi Milan dengan kemenangan lima gol tanpa balas

Penyerang Atalanta Papu Gomez merayakan gol yang dicetaknya ke gawang AC Milan dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Gewiss, Bergamo, Minggu (22/12/2019). (www.instagram.com/atalantabc)

Jakarta (ANTARA) - Atalanta mempecundangi AC Milan dengan kemenangan 5-0 dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Gewiss, Bergamo, Minggu.

Kembalinya Atalanta ke jalur kemenangan itu membawa mereka naik satu strip ke peringkat kelima dengan koleksi 31 poin, sedangkan Milan tertahan di peringkat kesepuluh dengan 21 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Satu gol Atalanta dibukukan oleh Papu Gomez (10'), sedangkan keempat gol lainnya dikemas pada babak kedua melalui Mario Pasalic (61'), Josip Ilicic (63', 72'), dan pemain pengganti Luis Muriel (83').

Baca juga: Ringkasan Grup C: Atalanta ukir sejarah temani Man City ke 16 besar

Kiper Rossonerri Gianluigi Donnarumma dipaksa bekerja keras sejak awal, saat ia menepis sepakan melengkung Ilicic.

Atalanta membuka keunggulan pada menit kesepuluh, melalui upaya solo sensasional Gomez. Ia merangsek dari sisi kiri, mengecoh Andrea Conti, dan melepaskan tembakan kaki kanan ke sudut atas gawang Milan dari sudut sempit.

Pasalic nyaris mengubah skor menjadi 2-0 ketika ia melepaskan sepakan yang mengenai mistar gawang.

Donnarumma kembali melakukan penyelamatan penting untuk Milan, saat ia mengantisipasi tembakan Ilicic yang dilepaskan dari tepi kotak penalti pada fase akhir babak pertama.

Atalanta kembali memegang kendali permainan pada babak kedua. Robin Gosens menggebrak dari sisi kiri dan mengirim umpan silang mendatar. Tetapi Ilicic maupun Timothy Castagne gagal menyambarnya dengan sempurna, sehingga hanya menghasilkan tendangan gawang.

Baca juga: Atalanta dua kali bangkit dari ketertinggalan demi taklukkan Verona

Namun, tidak lama berselang Atalanta dapat menggandakan keunggulan. Gomez memulai pergerakan dengan operan menyilang tertuju kepada ruang di depan Gosens. Ia berlari melewati Conti, bergerak memotong sebelum melepaskan tembakan. Bola kemudian menuju kerumunan pemain dan Pasalic dapat meneruskannya ke sudut kanan bawah gawang.

Hanya dua menit berselang dari gol Pasalic, ganti Ilicic yang menambah keunggulan Atalanta. Pasalic mengirimkan operan ke sisi sayap kanan. Sentuhan pertama Ilicic tidak terlalu baik, namun ia mampu menguasai bola untuk menghindari adangan Davide Calabria, dan mengakhiri serangan dengan sepakan tertuju ke sudut kiri gawang Donnarumma.

Baca juga: Pasalic antar Atalanta curi tiga poin dari Brescia

Ilicic memaksa Donnarumma kembali memungut bola dari gawangnya sendiri saat mengemas gol keempat Atalanta. Pemain Slovenia itu mendapat operan dari Gomez di tepi kotak penalti, menyentuh bola dengan kaki kirinya, sebelum melepaskan sepakan melengkung masuk ke gawang Milan.

Menjelang pertandingan usai, Muriel menambah penderitaan Milan melalui sumbangan golnya memanfaatkan keraguan Mateo Musacchio dan Donnaruma. Mendapat bola panjang yang mendarat ke belakang pertahanan Milan, Donnarumma ragu untuk maju, sedangkan Musacchio kalah cepat dari Muriel. Muriel kemudian dapat menguasai bola dan menaklukkan kiper Donnarumma dengan sodorannya masuk ke gawang yang kosong.

Susunan pemain:

Atalanta (3-4-3): Pierluigi Gollini, Rafael Toloi, Berat Djimsiti, Jose Luis Palomino, Timothy Castagne, Marten De Roon, Ruslan Malinovskiy, Robin Gosens (Hans Hateboer 89'), Mario Pasalic, Josip Ilicic (Luis Muriel 80'), Papu Gomez (Remo Freuler 88')

AC Milan (4-3-3): Gianluigi Donnarumma, Andrea Conti, Mateo Musacchio, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez (Davide Calabria 46'), Franck Kessie, Ismael Bennacer, Giacomo Bonaventura (Krysztof Piatek 64'), Suso (Samu Castillejo 84'), Rafael Leao, Hakan Calhanoglu

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar