Liga Italia

Hantam Juve, Lazio lima kali juara Piala Super Italia

Hantam Juve, Lazio lima kali juara Piala Super Italia

Para pemain Lazio mengangkat trofi Piala Super Italia setelah mengalahkan Juventus dengan skor 3-1 di Stadion Universitas Raja Saud, Riyadh, Arab Saudi, Minggu (22/12/2019). (ANTARA/AFP/GIUSEPPE CACACE)

Jakarta (ANTARA) - Lazio menjuarai Piala Super Italia untuk kelima kalinya, setelah menghantam Juventus dengan skor 3-1, dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Universitas Raja Saud, Riyadh, Arab Saudi, Minggu setempat (Senin dini hari WIB).

Ini merupakan pertemuan kelima kedua tim di ajang Piala Super Italia, dengan sebelumnya masing-masing menggenggam dua kemenangan. Dua pekan silam, Lazio juga mengalahkan Juve di Liga Italia dengan skor yang sama, satu-satunya kekalahan sang juara bertahan di liga domestik musim ini.

Tim ibukota itu mengamankan kemenangan berkat gol-gol sumbangan Luis Alberto (17'), Senad Lulic (73'), dan Danilo Cataldi (90'), sedangkan Juve hanya dapat membalas satu gol melalui Paulo Dybala (45'), demikian catatan resmi Liga Italia.

Baca juga: Dipecundangi Lazio, Juventus telan kekalahan pertama musim ini

Lazio memiliki peluang pertama melalui Alberto, namun sepakannya masih melambung di atas mistar gawang Juve. Tetapi pada peluang berikutnya, pemain Spanyol itu tidak menyia-nyiakan kesempatan. Bola kiriman Sergej Milinkovic-Savic dapat disambar untuk membuka keunggulan Biancoceleste.

Dari sejumlah ancaman yang ditebar Cristiano Ronaldo dan Dybala, Juve baru mampu menyamakan kedudukan menjelang turun minum. Ronaldo melepaskan tembakan kaki kiri yang masih dapat ditahan kiper Thomas Strakosha, Dybala mampu mematahkan perangkap offside dan bergerak cepat menyambar bola pantul.

Lazio mencoba mengancam melalui sepakan melengkung yang masih dapat diantisipasi kiper Wojciech Szczesny, dan peluang lain dari sundulan Joaquin Correa melebar.

Baca juga: Kontroversi di balik Piala Super Italia

Pasukan Simone Inzaghi merestorasi keunggulan mereka saat umpan silang Marco Parolo diteruskan Milinkovic-Savic kepada Lulic, yang kemudian melepaskan sepakan voli ke sudut atas gawang Juve.

Tertinggal satu gol membuat Juve semakin agresif mencetak gol. Sundulan Dybala dan Leonardo Bonucci sempat mengancam gawang Lazio, namun upaya mereka belum tepat sasaran.

Justru Lazio yang mampu menambah keunggulan. Dari pelanggaran yang berbuah kartu kuning kedua kepada Rodrigo Bentancur, Lazio mendapatkan tendangan bebas. Danilo Cataldi yang menjadi eksekutor berhasil melesakkan bola ke gawang Juve untuk mengamankan kemenangan timnya.

Baca juga: Mario Mandzukic selangkah lagi gabung klub Qatar

Susunan pemain:

Juventus (4-3-1-2): Wojciech Szczesny, Mattia De Sciglio (Juan Cuadrado 55'), Merih Demiral, Leonardo Bonucci, Alex Sandro, Rodrigo Bentancur, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi (Douglas Costa 76'), Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo, Gonzalo Higuain (Aaron Ramsey 66')

Lazio (3-5-2): Thomas Strakosha, Luiz Felipe, Francesco Acerbi, Stefan Radu, Manuel Lazzari, Sergej Milinkovic-Savic, Lucas Leiva (Danilo Cataldi 64') Luis Alberto (Marco Parolo 66'), Senad Lulic, Joaquin Correa, Ciro Immobile (Felipe Caicedo 82')

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar