Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meluncurkan mobil laboratorium dalam upaya merespons cepat ancaman pencemaran lingkungan.

"Ini merupakan salah satu kiprah KLHK untuk memberikan respons secara cepat terhadap kejadian ancaman pencemaran lingkungan yang dapat terjadi sewaktu-waktu," kata Kepala Badan Litbang dan Inovasi KLHK Agus Justianto pada peluncuran mobil laboratorium di Jakarta, Senin.

Pusat Penelitian Pengembangan Kualitas dan Laboratorium Lingkungan Badan Litbang dan Inovasi KLHK akan mengoperasikan mobil laboratorium yang dilengkapi dengan peralatan pengambilan sampel serta pengujian parameter lingkungan itu di wilayah Banten, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Riau, dan Kalimantan Timur.

Agus menjelaskan, peluncuran mobil laboratorium didasari oleh semakin banyaknya aktivitas manusia yang menghasilkan limbah yang bisa menimbulkan bahaya bagi manusia dan ekosistem.

"Masalah pencemaran lingkungan tidak dapat diabaikan begitu saja, melainkan perlu diperhatikan secara profesional agar dapat mempertahankan kualitas dan kelestarian lingkungan hidup," katanya.​​​

Mobil laboratorium, ia melanjutkan, akan mendukung pelaksanaan kegiatan pemantauan, pengawasan, dan penanganan pengaduan kasus pencemaran lingkungan sebagai bagian dari sistem peringatan dini bencana lingkungan.

Agus berharap pemerintah daerah di lima wilayah operasi mobil laboratorium dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mempercepat respons terhadap kejadian pencemaran lingkungan.

Ia menambahkan, penanganan masalah lingkungan membutuhkan dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku usaha dan industri, serta masyarakat.

"Hal ini menjadi bagian dari kesadaran kita untuk menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

Baca juga:
Operasi 30 hari di laut digelar untuk atasi kerusakan lingkungan
WALHI minta pemerintah berupaya keras cegah pencemaran lingkungan

 

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019