Resolusi kesehatan untuk 2020

Resolusi kesehatan untuk 2020

Ilustrasi resolusi kesehatan 2020 (ANTARA News/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Setiap tahun baru, kebanyakan orang membuat resolusi baru untuk karir, percintaan, keuangan, pendidikan, hingga investasi, namun yang sering dilupakan adalah membuat target untuk masalah kesehatan.

Menjelang tahun baru, ada baiknya Anda juga membuat daftar perencanaan untuk memulai gaya hidup sehat, beberapa di antaranya adalah yang akan dibahas berikut ini menurut Indian Express, Senin.

1. Sarapan bergizi

Mulai 2020, pastikan Anda tidak boleh melewati waktu sarapan. Sarapan yang sehat akan memberi Anda energi sepanjang hari dan tetap kenyang lebih lama agar tidak perlu ngemil di waktu makan.

Anda bisa memilih sarapan yang mengandung bahan-bahan seperti antioksidan, serat dan protein. Kombinasi ini akan membuat Anda merasa kenyang dan membantu mengontrol berat badan. Bisa juga mengonsumsi gandum atau biji-bijian yang dapat membantu mengelola kadar kolesterol, menjaga berat badan dan mengurangi risiko diabetes.

Selain itu, ahli nutrisi juga menyarankan untuk makan dengan porsi lebih sedikit namun sering. Jadi daripada makan besar tiga kali sehari, lebih baik makan lima sampai enam kali dengan porsi kecil.

2. Fokus pada protein, kurangi karbohidrat

Alih-alih mengisi tubuh dengan karbohidrat, cobalah untuk mengonsumsi protein setiap kali makan. Anda dapat memakan protein dalam bentuk daging tanpa lemak seperti ayam dan ikan atau sejumlah sayuran misalnya bayam, kacang polong, brokoli dan lainnya.

3. Lebih banyak minum air putih

Air putih dapat mendetoksifikasi tubuh dengan alami, membantu membakar kalori dan menekan keinginan untuk makan sebelum waktunya.

Kebutuhan air setiap orang berbeda-beda tidak harus delapan gelas atau dua liter air per hari, hal ini tergantung dari tinggi badan, berat dan parameter lainnya.

Jika Anda merasa jenuh hanya dengan meminum air putih, Anda bisa mencampurnya dengan madu. Madu meningkatkan pembakaran lemak dan juga menyembuhkan beberapa penyakit. Madu juga merupakan pengganti sempurna untuk gula.

4. Tetap aktif

Aktivitas fisik harian akan menentukan kesehatan Anda. Ada banyak cara untuk tetap aktif di siang hari termasuk latihan kardio, bersepeda, berjalan cepat, berlari dan lainnya.

Tingkatkan manfaat dari aktifitas fisik Anda dengan segelas teh hijau. Hal ini akan meningkatkan metabolisme dan bertindak sebagai antioksidan kuat yang membakar kelebihan kalori dan mengurangi risiko obesitas. Selain itu, teh hijau juga akan membantu menjaga gula darah dan mengurangi stres.

Baca juga: Studi: pola makan buruk bisa sebabkan kebutaan

Baca juga: Jeruk hingga walnut untuk tetap sehat di musim hujan

Baca juga: Peringati Hari jantung Sedunia, ini tips cegah serangan jantung
 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Perubahan gaya hidup pemicu penyakit tidak menular

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar