Jakarta (ANTARA) - Natal di berbagai wilayah identik dengan beragam hidangan khas mulai dari kue-kue manis hingga makanan utama semisal kalkun atau ayam panggang yang berlemak.

Untuk mengimbanginya, Anda bisa menambahkan sederet makanan sehat ke dalam menu Anda. Berikut tipsnya seperti dilansir dari laman nutrition.org.uk.

Baca juga: Ragam kue khas Natal, panettote hingga vasilopita

Sarapan

Saat sarapan sebaiknya konsumsi sumber energi dan nutrisi seperti serat, vitamin dan mineral. Tambahkan buah-buahan segar misalnya apel, pir, sepotong pisang ke dalam sereal atau bubur Anda.

Agar sedikit berbeda dari sarapan biasanya, mengapa tidak menambahkan kayu manis, kacang-kacangan, kurma atau buah-buahan kering.

Anda juga bisa menyajikan telur orak-arik, omelet ditambah salmon dan roti panggang. Tambahkan tomat, alpukat, jamur untuk asupan sayuran. Coba juga jus jeruk atau air putih.

Camilan

Kue-kue Natal sebagian besar terasa manis dan gurih. Agar asupannya tak berlebihan, sebaiknya imbangi dengan camilan yang lebih menyehatkan misalnya buah-buahan segar, kacang-kacangan tanpa tambahan garam atau yogurt.

Cokelat atau permen mungkin bisa menjadi pilihan, namun ingatlah porsinya jangan berlebihan.

Sebagai alternatif, cobalah buah-buahan kering atau roti dengan tambahan buah.

Makanan utama

Sebelum memasak hidangan daging, misalnya kalkun, sebaiknya ambil kulitnya karena sebagian besar lemak jenuh berada di sana.

Alih-alih daging sosis, Anda bisa menggantinya dengan kacang atau buah.

Untuk hidangan kentang, cobalah memotongnya lebih besar lalu panggang. Potongan yang lebih besar menyerap lebih sedikit lemak selama pemanggangan.

Tukar setengah dari kentang biasa Anda dengan singkong misalnya, sebagai alternatif yang dapat berkontribusi pada kesehatan Anda.

Jangan lupa sajikan berbagai sayuran, untuk menambah asupan nutrisi Anda. Gunakan rempah atau kulit lemon untuk menambah rasa.

Cobalah mengukus sayuran agar vitaminnya tak banyak hilang.

Makanan penutup

Puding bisa menjadi makanan penutup yang cocok, namun sebaiknya pilih porsi kecil dan tambahkan buah ke dalamnya.

Baca juga: Hidangan wajib Julia Roberts saat Natal

Baca juga: Pembuat kue banjir orderan jelang Natal

Baca juga: Jelang Natal aneka kue kering "banjiri" Jayapura

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019