Banwaslu lantik anggota Panwascam Mataram

Banwaslu lantik anggota Panwascam Mataram

Ketua Banwaslu Kota Mataram Hasan Basri saat melantik anggota Panwascam se-Kota Mataram. (Foto: ANTARA News/Nirkomala.ist)

Mataram (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, melantik 18 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Mataram, untuk mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kota Mataram tahun 2020.

Kegiatan pelantikan yang dipimpin oleh Ketua Banwaslu Kota Mataram Hasan Basri di Hotel Lombok Raya dihadiri Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh, Pimpinan Bawaslu Provinsi NTB, Pimpinan KPU Kota Mataram, Kapolresta Mataram, Dandim 1606/Lombok Barat, Kajari Mataram, dan seluruh jajaran Forkopimda Kota Mataram di Mataram, Senin.

Di sela pelantikan, Ketua Bawaslu Kota Mataram mengingatkan, agar Panwascam harus bertanggungjawab dan bekerja sesuai prinsip-prinsip yang ada.

"Sahabat-sahabat Panwascam, genggam erat peraturan yang dijadikan sebagai acuan dalam mengawasi Pilkada nanti, kalau di Bawaslu ada istilah SIMP artinya solidaritas, integritas, moralitas dan profesional, laksanakan itu dengan baik," katanya.

Selain itu, tambah Hasan panggilan akrab lelaki kelahiran Aimere Flores NTT ini juga menyampaikan, penentuan ketua Panwascam adalah langkah awal yang harus dilaksanakan secepatnya.

"Ingat, pemilihan ketua harus berlandaskan asas musyawarah mufakat. Bersama rakyat awasi Pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu," katanya.

Hasan menambahkan, dari 18 anggota Panwascam, terdapat enam anggota Panwascam perempuan sehingga masing-masing kecamatan memiliki satu perwakilan perempuan.

Sementara Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi kepada jajaran Panwascam terpilih karenanya Panwascam terpilih bertugas secara profesional.

Pemerintah kota, apresiasi dan dukung semua kerja-kerja Panwascam, apapun yang kami bisa bantu kami bantu, untuk itu saya berharap Panwascam terpilih bisa bekerja secara profesional.

"Saya juga harus bapak ibu Panwascam awasi, apabila saya salah tegur saya, ingatkan saya," kata wali kota.

Sedangkan pimpinan Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh Itratip selaku Kordiv SDM dan Organisasi menyampaikan agar Panwascam punya integritas.

"Saya ucapkan selamat kepada Panwascam terpilih dan hayati sumpah, janji serta pakta integritas yang diucapkan serta amalkan dalam proses pengawasan," katanya mengingatkan.

Baca juga: Bawaslu Mataram akan bentuk puluhan "kampung pengawas" Pilkada 2020

Baca juga: Bawaslu Mataram belum temukan tindak pidana pemilu



 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Wapres bagi 5 kategori radikalisme

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar