Menteri PUPR akan tindaklanjuti pemenang gagasan desain ibu kota baru

Menteri PUPR akan tindaklanjuti pemenang gagasan desain ibu kota baru

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (bawah, keempat dari kanan) berfoto bersama tim juri dan para pemenang Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibukota baru Negara atau IKN di Jakarta, Senin (23/12/2019). ANTARA/Aji Cakti

Kepada tiga pemenang tersebut, saya minta kita semua dapat bersikap terbuka (open minded) dan kolaboratif atas berbagai pengayaan materi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan menindaklanjuti gagasan-gagasan desain dari para pemenang Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibukota baru Negara atau IKN menjadi desain yang representatif.

"Proses yang baru saja tuntas adalah sebuah sayembara pada tingkat gagasan, yang masih harus ditindaklanjuti menjadi suatu desain kawasan yang representatif untuk sebuah IKN yang baru," ujar Menteri Basuki di Jakarta, Senin.

Menteri PUPR tersebut mengatakan bahwa proses pelaksanaan sinergi desain untuk penajaman dan pendalaman Urban Design, khususnya pada Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan luas 4.000 sampai dengan 6.000 hektare, dan ditargetkan akan selesai pada Semester I-2020.

"Sinergi desain kawasan IKN akan dilakukan, dengan menggabungkan ide-ide terbaik pada Karya Terbaik I, II, dan III," katanya.

Baca juga: Presiden serahkan pemenang desain ibu kota kepada Dewan Juri

Untuk kualitas Urban Design IKN yang lebih paripurna, lanjut Menteri Basuki, Kementerian juga akan segera mengundang ahli-ahli terkait lainnya tingkat nasional dan jika diperlukan ahli tingkat internasional, baik yang akan ikut berperan langsung dalam perancangan maupun sebagai penasehat/reviewer.

"Kepada tiga pemenang tersebut, saya minta kita semua dapat bersikap terbuka (open minded) dan kolaboratif atas berbagai pengayaan materi, dengan menggunakan dasar Karya Terbaik ke-I, yang tujuan utamanya untuk karya Urban Design IKN yang sebaik-baiknya," ujar Menteri PUPR.

Baca juga: Menteri PUPR akan ajak pemenang desain ibu kota ke Sepaku Kaltim

Sebelumnya Kementerian PUPR melalui tim juri mengumumkan para pemenang sayembara gagasan desain Ibu Kota baru Negara.

Pemenang terbaik pertama diraih oleh gagasan desain Nagara Rimba Nusa, sedangkan pemenang terbaik kedua yakni desain The Infinite City.

Sedangkan pemenang terbaik ketiga adalah desain Kota Seribu Galur, sementara pemenangan harapan satu dan dua masing-masing diraih oleh desain Zamrud Khatulistiwa serta Banua Nusantara.

Baca juga: Jokowi apresiasi peserta terseleksi sayembara desain ibu kota baru

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Kepala BNPB, Menteri PUPR, Menko PMK tinjau tanggul jebol Citarum

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar