Pamekasan (ANTARA) - Rahmad Darmawan (RD) resmi menjadi pelatih Madura United FC, dan pengumuman pelatih baru klub sepakbola klub berjuluk Laskar Sape Kerrap tersebut disampaikan langsung oleh direktur klub sepakbola ini, Haruna Soemitro.

"Madura United menjatuhkan pilihan kepada RD didasarkan pada rekam jejaknya selama ini," kata Haruna dalam keterangan resmi yang diterima media di Pamekasan, Jawa Timur, Senin.

RD sapaan karib Rahmad Darmawan, dinilai manajemen klub sebagai pelatih lokal yang paling sukses di Indonesia.

Baca juga: Tira Persikabo pecat Rahmad Darmawan

Pertama, kata Haruna, RD bisa membawa Persipura Jayapura menjadi jawara kompetisi tertinggi di Tanah Air serta Sriwijaya FC yang perkasa di Piala Indonesia.

Pelatih berusia 53 ini tidak hanya menjadi pelatih utama, akan tetapi juga sebagai manajer di klub sepakbola yang menjadi kebanggaan masyarakat Madura itu.

Manajemen Madura United memberikan keleluasaan kepada RD merekrut pemain untuk musim kompetisi 2020 dengan tugas menguatkan karakter sepakbola Madura.

Sebelumnya, Rahmad Darmawan mengaku senang bisa bergabung dengan klub sepakbola di Pulau Garam ini.

Menurutnya, Madura United akan menjadi tantangan baru, setelah ia sempat menangani sejumlah klub di Liga 1 lainnya, seperti Arema, Persija Jakarta, dan PS Tira Persikabo.

"Kami berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi Madura United untuk musim kompetisi 2020 nanti," kata RD.

Baca juga: RD kaget tiba-tiba dipecat Tira Persikabo

Sementara pelatih Madura United saat ini, Rasiman kini turun jabatan, yakni sebagai asisten pelatih yang akan mendampingi Rahmad Darmawan di musim kompetisi 2020.

Namun, meski turun tahta, Rasiman justru mengaku senang dengan bergabungnya RD ke Madura United.

"Saya justru lebih semangat, karena dengan begitu ada semangat dan gairah baru ke depan," kata Rasiman.

Kalangan suporter klub ini umumnya mengaku senang dengan kehadiran Rahmad Darmawan di Madura United, karena pelatih ini sudah pernah menorehkan prestasi di beberapa klub sepakbola yang pernah ditanganinya.

Baca juga: Madura United tundukkan Bali United FC 2-0 di kandang

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019