Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengatakan pemerintah telah menyiapkan pengamanan untuk menyambut perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Semuanya sudah disiapkan, ya, kalau untuk pengamanan Natal, kami sudah rakor lintas bidang," kata Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin.

Dari aspek keamanan, kata dia, TNI dan Polri sudah menyiapkan langkah-langkah antisipasi jika terjadi gangguan keamanan.

Kesiapan fasilitas, infrastruktur, hingga penyediaan bahan bakar minyak (BBM) juga sudah guna mengantisipasi lonjakan arus pemudik Natal dan tahun baru.

Baca juga: DPR dorong Polri-TNI tingkatkan keamanan jelang Natal-Tahun Baru

Baca juga: Banser NTT kerahkan 500 personel bantu pengamanan Natal-Tahun Baru

Baca juga: Polresta amankan sejumlah gereja di Banda Aceh


"Fasilitas, infrastruktur sudah, penyediaan minyak di jalan sudah, tempat istirahat juga sudah. Semua sudah disiapkanlah," katanya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu berharap masyarakat bisa merayakan Natal dan tahun baru dengan nyaman.

"Mudah-mudahan rakyat bisa nyaman bernatalan dan bertahun baru. Itu tentu harus kerja sama dengan pemerintah agar saling mendukung untuk kebaikan bersama," katanya.

Selain itu, Mahfud juga meminta masyarakat untuk melaporkan kepada pihak berwenang jika menemukan sesuatu yang mencurigakan.

"Kalau ada sesuatu yang agak aneh, ya, supaya segera dilaporkan," katanya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019