Menkop UKM siap bantu petani Garut pemilik sertifikat tanah

Menkop UKM siap bantu petani Garut pemilik sertifikat tanah

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberikan keterangan pers di Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (23/12/2019). (ANTARA/Feri Purnama)

Bentuk koperasi, nanti saya bantu, saya yang isi kegiatan produksinya
Garut (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki siap membantu petani yang baru menerima sertifikat tanah di Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dengan syarat membentuk koperasi dalam mengembangkan usaha di sektor pertanian.

"Bentuk koperasi, nanti saya bantu, saya yang isi kegiatan produksinya," kata Teten usai menyerahkan sertifikat tanah kepada warga Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Senin.

Baca juga: Teten gandeng aktivis brand lokal dongkrak citra UKM kuliner

Ia menuturkan Kementerian ATR/BPN sudah menyerahkan sertifikat tanah, selanjutnya Menkop UKM akan memberikan bantuan untuk kesejahteraan petani penerima program sertifikat tanah itu.

Ia meminta seluruh petani penerima sertifikat tanah segera membentuk koperasi agar bisa menyerap bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan usaha dari produk pertanian.

"Pak Menteri ATR sudah bantu sertifikat tanahnya, sekarang tinggal produksinya," kata Teten.

Baca juga: Menkop dan UKM berharap UMKM naik kelas miliki produk berkelas

Ia menyampaikan Presiden Jokowi meminta para petani menjaga tanahnya agar tetap produktif sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan.

Petani yang mengeluh rugi, kata dia, sebaiknya menanam produk unggulan yang dapat dikelola menjadi produk UKM seperti pisang dan kopi.

"Harus mulai menanam produk unggulan, biar UKM-nya unggul," katanya.

Ia mengungkapkan komoditas pisang saat ini banyak dicari baik konsumen dalam negeri maupun luar negeri.

"Permintaan pisang dalam negeri tinggi, apalagi ekspor, nanti coba akan saya ajak pengusaha hortikultura ke Garut," katanya.

Baca juga: Menkop UKM nilai UMKM Go digital merupakan keniscayaan

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Menteri Teten: Omnibus Law bawa dampak positif bagi UMKM

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar