Tidak ada potensi kepadatan arus kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek

Tidak ada potensi kepadatan arus kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek

Sejumlah pengendara mobil melintas di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek Elevated), Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat, Senin (23/12/2019). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc. (ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta (ANTARA) - Operator Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengemukakan tidak ada potensi kepadatan arus lalu lintas hingga Senin sore.

"Tidak ada (potensi kepadatan). Hari ini lancar, sampai sekarang masih lancar," kata Humas Jasa Marga Jakarta-Cikampek, Hendra Damanik saat dikonfirmasi, Senin.

Terkait penerapan tol "one way" atau "contra-flow", Hendra mengatakan hal itu sepenuhnya ada diskresi Kepolisian. Pihaknya hanya menyiapkan petugas dan membantu kebijakan Kepolisian.

"Itu kan diskresi Kepolisian, kita hanya menyediakan petugas dan kebijakannya kita bantu," katanya.

Meski demikian dia memastikan hingga saat ini belum ada potensi kepadatan sehingga tidak ada persiapan untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas di jalan tol.

Baca juga: Tol layang Japek macet, Menhub: bukan kegagalan

Kementerian Perhubungan bersama Kepolisian 
merencanakan penerapan jalur satu arah di kedua lintasan tol tersebut untuk mengantisipasi antrean kendaraan pada masa mudik Natal dan tahun baru.

"One way" akan diberlakukan pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WIB dengan memanfaatkan dua jalur perlintasan tol dari arah Jakarta menuju Trans Jawa.

Penerapan rekayasa lalu lintas mulai dari KM70 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Tol Kalikangkung merupakan diskresi Kepolisian.
Baca juga: YLKI desak pemerintah evaluasi manajemen lalu lintas tol layang Japek
Baca juga: Kepadatan arus lalu lintas masih terjadi di Tol Jakarta-Cikampek


Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

PUPR nilai jalur sepeda di tol belum siap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar