Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia atau APLSI berharap Komisaris Utama dan Direktur Utama baru PLN menciptakan iklim investasi ketenagalistrikan yang kondusif.

"Harapan kami rencana ini juga akan membuat iklim investasi Ketenagalistrikan yang semakin kondusif sehingga semua pelaku usaha termasuk swasta dapat lebih berperan dalam mendukung PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia," ujar Ketua Umum APLSI Arthur Simatupang dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin.

Arthur mengatakan bahwa para produsen listrik swasta Indonesia yang tergabung dalam APLSI, sebagai mitra strategis PLN, mendukung terpilihnya Bapak Zulkifli Zaini dan Bapak Amien Sunaryadi sebagai Direktur Utama & Komisaris Utama PLN yg baru.

Baca juga: Penetapan mantan Wakil Ketua KPK jadi Komut PLN untuk cegah kebocoran

"Dengan pengalaman Pak Zulkifli sebagai Direktur Utama Bank Mandiri, dan Pak Amien sebagai Wakil Ketua KPK, tentunya beliau berdua merupakan pasangan yang dinilai paling tepat untuk mendukung upaya PLN dalam meningkatkan kinerja, profesionalisme dan transparansi perusahaan," katanya.

Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menetapkan Zulkifli Zaini sebagai Dirut PT PLN (Persero) dan Amien Sunaryadi sebagai komisaris utama perusahaan listrik negara tersebut.

Sepak terjang keduanya selama ini menjadi alasan Erick Thohir menunjuk mereka untuk memimpin perusahaan listrik milik negara tersebut.

Baca juga: Erick Thohir tunjuk Zulkifli Zaini sebagai dirut PLN

Erick Thohir mengatakan setelah disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero), Senin (23/12) sore, pihaknya bakal intens melakukan pembicaraan untuk melaksanakan program prioritas pemerintah.

Ia memaparkan PLN bakal memiliki tugas yang berat mulai dari merealisasikan rasio elektrifikasi 100 persen di Indonesia hingga menciptakan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat dan industri.

Selain itu, lanjut dia, para pimpinan PLN juga ditugaskan untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan sebagai sumber listrik. Salah satu yang harus dipenuhi PLN adalah pemenuhan listrik ramah lingkungan di Ibu Kota Baru.

Amien Sunaryadi merupakan wakil ketua KPK periode 2003-2007. Selama jabatannya, Amien memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif dan menjadi konseptor dari tindakan penggeledahan dan "surveillance" yang dilakukan oleh KPK untuk mengungkap kasus korupsi high profile.

Sementara itu, Zulkifli Zaini sebelumnya merupakan Komisaris Independen BNI sejak 17 Maret 2015 hingga kini dan menjadi Dirut Bank Mandiri pada 2010-2013.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019