Cirebon (ANTARA) - Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, Luqman Arif mengatakan saat ini tiket kereta yang terjual baru sekitar 62 persen, untuk periode libur panjang menyambut Natal dan Tahun Baru 2020.

"Tiket masih banyak tersedia, saat ini okupansinya masih berkisar 62 persen," kata Luqman di Cirebon, Senin.

Luqman mengatakan untuk tiket kereta keberangkatan tanggal 24 sampai 29 Desember 2019 masih banyak tersedia terutama tujuan Jakarta.

Baca juga: Waspada, 7 menit sekali kereta melintas di Cirebon selama liburan

Sementara di tanggal yang sama, kereta tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur rata-rata sudah terjual sebanyak 80 persen dari okupansi yang disediakan selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

"Untuk tanggal 24 sampai 29 Desember 2019 didominasi oleh penumpang keberangkatan dari Jakarta, Cirebon dengan tujuan ke Jawa Tengah, DIY maupun Jawa Timur dengan okupansi harian rata-rata sudah mencapai 80 persen," ujarnya.

Luqman mengimbau bagi masyarakat yang sudah merencanakan liburan dan ingin menggunakan moda kereta api, supaya segera melakukan pembelian untuk menghindari kehabisan tiket.

Baca juga: 26 kereta tambahan Natal dan tahun baru layani penumpang di Cirebon

Karena nantinya ketika sudah kehabisan dipastikan tidak ada lagi tempat duduk ataupun kereta tambahan. Pemesanan tiket dapat diakses melalui aplikasi KAI access pada smartphone atau melalui website resmi kai.id dan lainnya.

"Kalau tempat duduk sudah terjual semua, maka kami pastikan tidak ada lagi tambahan," katanya.

Baca juga: 50 persen tiket kereta di Cirebon saat libur Natal-Tahun Baru ludes

Luqman mengatakan dari data yang ada selama lima hari masa angkutan Natal dan Tahun Baru penumpang yang turun di wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 37.771 penumpang atau turun 5 persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 39.958 penumpang.

Akan tetapi untuk penumpang yang naik di wilayah Daop 3 Cirebon meningkat 0,3 persen dari 34.769 pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 menjadi 34.884 penumpang pada saat ini.

Baca juga: KAI terjunkan dua anjing pelacak jaga Stasiun Cirebon

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019