Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia atau APBI-ICMA menilai Direktur Utama dan Komisaris Utama baru PLN merupakan kombinasi yang serasi.

"APBI mendukung atas terpilihnya Zulkifli Zaini dan Amien Sunaryadi sebagai Direktur Utama & Komisaris Utama PLN yg baru. Ini merupakan kombinasi yang serasi antara profesionalisme dan transparansi," ujar Ketua Umum APBI-ICMA Pandu P. Sjahrir dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin.

Pandu mengatakan bahwa APBI-ICMA sebagai pelaku di industri ini berharap dengan pengalaman Zulkifli sebagai profesional di Bank Mandiri, dan Amien sebagai Wakil Ketua KPK, dapat mendukung upaya PLN dalam meningkatkan profesionalisme dan transparansi perseroan.

Baca juga: RUPS PLN putuskan Zulkifli Zaini sebagai Dirut

"Dan tentunya kami, bersama dengan seluruh stakeholders, berkomitmen untuk terus mendukung PLN dalam menjalankan berbagai program elektrifikasi di Indonesia," katanya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menetapkan Zulkifli Zaini sebagai Dirut PT PLN (Persero) dan Amien Sunaryadi sebagai komisaris utama perusahaan listrik negara tersebut.

Sepak terjang keduanya selama ini menjadi alasan Erick Thohir menunjuk mereka untuk memimpin perusahaan listrik milik negara tersebut.

Baca juga: APLSI berharap Dirut dan Komut baru PLN buat iklim investasi kondusif

Erick Thohir mengatakan setelah disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero), Senin (23/12) sore, pihaknya bakal intens melakukan pembicaraan untuk melaksanakan program prioritas pemerintah.

Amien Sunaryadi merupakan wakil ketua KPK periode 2003-2007. Selama jabatannya, Amien memperkenalkan pemberantasan korupsi yang progresif dan menjadi konseptor dari tindakan penggeledahan dan "surveillance" yang dilakukan oleh KPK untuk mengungkap kasus korupsi high profile.

Sementara itu, Zulkifli Zaini sebelumnya merupakan Komisaris Independen BNI sejak 17 Maret 2015 hingga kini dan menjadi Dirut Bank Mandiri pada 2010-2013.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019