Semarang (ANTARA) - PT Gojek Indonesia mendukung Pemerintah Kota Semarang di bidang pariwisata, terutama dalam meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kawasan Kota Lama Semarang.

"Kawasan Kota Lama merupakan salah satu ikon wisata Semarang yang mempunyai potensi besar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan dukungan ini sejalan dengan semangat Gojek untuk melestarikan kearifan lokal di manapun Gojek beroperasi," kata Vice President Region Gojek Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Delly Nugraha di Semarang, Senin.

Dukungan tersebut diwujudkan Gojek dengan
dihibahkannya tiga unit Golf Car kepada Dinas Pariwisata Kota Semarang untuk memberikan kemudahan bagi warga Semarang maupun wisatawan untuk menikmati Kawasan Kota Lama.

Baca juga: Kota Lama Semarang pusat peringatan Hari Ibu 2019 tingkat nasional

Golf Car ini juga bisa menjadi solusi pengantaran dan penjemputan menggunakan GoCar dan GoRide di titik jempt sehingga pengunjung tidak perlu repot bawa kendaraan, Kawasan Kota Lama menjadi lebih tertib, ramah lingkungan, serta nyaman.

"Nantinya, titik antar dan jemput Gojek berlokasi di depan Bank Mandiri dan samping Filosofi Kopi. Upaya ini dilakukan untuk menghadirkan Kawasan Kota Lama Semarang menjadi kawasan ramah lingkungan serta nyaman bagi para wisatawan," katanya.

Delly menambahkan mitra merchant GoPay dan GoFood di Kawasan Kota Lama juga turut menyemarakkan wisata kuliner untuk memberikan dampak kemajuan pengusaha setempat dengan peningkatan keuntungan transaksi yang diperoleh dari pengunjung kawasan.

Selain menjadi pilihan para pengunjung untuk makan di tempat, para penjual juga dapat menjadi pilihan untuk pesan antarmakan melalui GoFood. 

Baca juga: Padi Reborn terkesima keindahan Kota Lama Semarang
 
"Para mitra merchant tidak perlu khawatir akan berkurangnya pengunjung ke Kawasan Kota Lama karena kawasan ini dijadikan bebas kendaraan. Solusi mobilitas dan transportasi dari Gojek dapat membantu meningkatkan kunjungan," ujarnya.

Terdapat sekitar 30 merchant GoFood dan GoPay yang berada di Kawasan Kota Lama Semarang.

Baca juga: Makin cantik, Kementerian PUPR selesaikan penataan Kota Lama Semarang

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyatakan apresiasinya kepada Gojek atas dukungannya untuk memajukan pariwisata di Kota Semarang.

"Kawasan Kota Lama Semarang adalah warisan sejarah yang harus kita pertahankan bersama karena masuk daftar 'World Heritage 2020', bagaimana itu bisa diwujudkan? Tentu faktor kenyamanan pengunjung menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Jadi Saya rasa kehadiran 'Golf Cart' dan ekosistem Gojek di Kota Semarang Lama ini tentu akan membantu mewujudkannya," kata Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang.

Ia mengungkapkan bahwa rata-rata pengunjung Kawasan Kota Lama Semarang adalah 15.000 orang di akhir pekan dan diharapkan dengan hadirnya konsep bebas kendaraan akan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Baca juga: Revitalisasi lanjutan Kota Lama Semarang dimulai September

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019