Dinas LH DKI jamin tak ada tumpukan sampah selama Natal

Dinas LH DKI jamin tak ada tumpukan sampah selama Natal

Sejumlah pekerja Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta membersihkan sampah di aliran Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta, Kamis (7/11/2019). ANTARA FOTO/Suwandy/wsj.

Jakarta (ANTARA) -
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Andono Warih menjamin tidak ada tumpukan sampah selama libur Hari Raya Natal.

Ia mengatakan sebanyak 3.150 petugas kebersihan dikerahkan untuk menjaga kebersihan Jakarta saat Natal, dengan 75 petugas di setiap kecamatan.

“Seluruh Suku Dinas tingkat Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup di tiap Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing,” kata Andono dalam rilis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Meski hari libur, pasukan oranye DLH tetap bekerja seperti biasa. Pihaknya mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas, sarana dan armada penanganan sampah.

Petugas dan armada penanganan kebersihan akan ditugaskan lebih optimal untuk gereja-gereja besar yang jemaatnya ramai.

Baca juga: 49.172 mobil tinggalkan Jakarta H-3 Natal, diprediksi terus bertambah
Baca juga: DKI operasikan lima terminal bantuan selama libur Natal-Tahun Baru


Misalnya di Gereja Katedral dan Emanuel Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu Jakarta Selatan, Gereja Theresia Jakarta Timur, dan Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara.

Selama libur Natal, Ando juga mengantisipasi penanganan kebersihan di tempat-tempat wisata ibu kota. Seperti di Kawasan Monas, Taman Margasatwa Ragunan, Kawasan Ancol, Kawasan Kota Tua dan Taman Mini Indonesia Indah.

“Walaupun tempat-tempat wisata tersebut ada pengelolanya, penanganan kebersihannya kita backup untuk menjamin kualitas layanan yang dirasakan warga,” katanya.

Di beberapa tempat wisata dan pusat keramaian utama di Ibukota disiapkan bus toilet, mobil sapu jalan otomatis, menempatkan dust bin, serta petugas gerobak motor yang setiap dua jam sekali melakukan penyisiran sampah.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019

YKAN temukan sampah kiriman dari negara tetangga di Wakatobi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar