Kami minta pengalaman itu jangan sampai terulang
Merak (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresiasi pelayanan angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Provinsi Banten yang mampu mendukung kelancaran dan keselamatan penumpang dan pengendara.

"Kita berharap pelayanan angkutan di Banten berjalan lancar dan selamat sampai tujuan," kata Menhub Budi saat memimpin rapat koordinasi (Rakor) Kesiapan Angkutan Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Merak, Selasa.

Baca juga: ASDP Merak operasikan 27 kapal jelang Natal 2019

Menhub juga mengapresiasi apa yang dilakuan Kepolisian Daerah (Polda) Banten, Wali Kota Cilegon, PT ASDP Pelabuhan Merak, Basarnas, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Pertamina dan lainnya.

Selama ini, kata dia, pihaknya melihat angkutan Natal dan Tahun Baru di Provinsi Banten berjalan dengan baik juga lancar tanpa terjadi antrean kendaraan.

"Kami berharap semua instansi terkait bekerja keras agar pelayanan angkutan Natal dan Tahun Baru lebih baik," katanya menjelaskan.

Menhub juga meminta Direktur PT ASDP Indonesia Ferry agar ditingkatkan manajemenya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang hendak menyeberang melalui pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

Peningkatan pelayanan itu di antaranya ketepatan waktu kapal bersandar agar tidak terjadi penumpukan kendaraan.

Sebab, pengalaman tahun lalu banyak penumpang yang kurang puas akibat terjadi penumpukan kendaraan.

"Kami minta pengalaman itu jangan sampai terulang," katanya menjelaskan.

Direktur ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan pihaknya bekerja keras untuk memberikan pelayanan angkutan natal dan tahun baru menjadi lebih baik, di antaranya dioptimalkan penambahan tenaga personel tenaga loket hingga pengamanan.

Selain itu juga petugas pengatur lalu lintas juga sarana lainnya dengan memaksimalkan tiket elektronika secara online juga pelayanan pos kesehatan.

Saat ini, penumpang yang hendak menuju Pelabuhan Bakauheni melalui Pelabuhan Merak terjadi kenaikan 11 persen, sedangkan penumpang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak naik 19 persen dibandingkan tahun lalu.

Kunjungan Menteri Perhubungan juga didampingi Menteri PUPR Basuki Basuki Hadimuljono, Direktur ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi dan Wakapolda Banten Brigjen Tomex Kurniawan.

Baca juga: Penyeberangan dari Merak ke Bakauheni diprediksi melonjak Selasa sore
Baca juga: Penyeberangan lancar, 15.844 kendaraan tinggalkan Jawa menuju Bali

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019